Jaga Imunitas Tubuh Di Bulan Ramadhan Agar Tetap Bugar

Sumber Ilustrasi : Okezone.com


Lpm Saka, Tips - Imunitas tubuh merupakah salah satu hal yang penting. Mengingat imun adalah salah satu tanda vital yang mampu membantu kita melawan penyakit, bakteri, dan virus. Seseorang yang memiliki imunitas tubuh yang baik akan cenderung memiliki daya tahan tubuh yang baik pula. Sedangkan tubuh yang lemah akibat kurangnya imun akan mudah terinfeksi benda asing dari luar.

Sementara itu, umat muslim di dunia sedang melaksanakan ibadah di bulan ramadhan, yang mewajibkan mereka berpuasa di siang hari. Selain persiapan dari segi spiritual namun berpuasa juga menyentuh kesehatan dan stamina. Saat berpuasa sistem kekebalan tubuh mungkin akan menurun karena kurangnya asupan makanan dan minuman.

Pada saat berpuasa kita tidak boleh makan setidaknya selama 13 jam setiap harinya. Kurangnya asupan  makanan dan minuman ini akan membuat tubuh merasakan lemas dan letih. Namun kita dapat melakukan beberapa hal untuk menjaga imunitas tubuh tetap baik saat berpuasa.

Agar puasa ramadhan dapat dijalani dengan lancar, Lpm Saka merangkum beberapa kegiatan yang perlu dilakukan untuk mempertahankan imunitas tubuh saat berpuasa berikut ini.


1. Penuhi Asupan Nutrisi

Nutrisi sangat penting bagi tubuh kita, oleh karena itu ketika berbuka dan sahur kita dianjurkan untuk memakan makanan yang memenuhi asupan nutrisi. Mulai dari vitamin C, karbohidrat dan Zinc. Vitamin C bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi dari berbagai buah dan sayur seperti jeruk, pisang, mangga, apel, tomat dan brokoli.

Sedangkan zinc dapat kita dapatkan pada beberapa sumber makanan seperti daging ayam dan daging sapi dan kacang-kacangan. Selain itu kita juga dapat mengonsumsi berbagai suplemen yang mengandung vitamin.

2. Olahraga

Puasa bukan suatu hal yang bisa kita jadikan alasan untuk tidak berolahraga. Seperti yang kita ketahui olahraga sangat baik bagi tubuh kita. dengan berolahraga secara teratur setidanya 30 menit setiap harinya dapat menaga daya tahan tubuh kita.


Saat berpuasa seperti sekarang kita bisa melakukan olah raga di sore hari sebelum berbuka. Kita bisa memilih berbagai macam olahraga ringan yang tidak terlalu menguras tenaga seperti berjalan kaki.

3. Minum Air Putih yang Cukup

Air putih adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, saat berpuasa seperti sekarang kita tidak diperbolehkan minum dari terbit fajar sampai waktu berbuka tiba. Kurangnya air putih menyebabkan tubuh kita mengalami dehidrasi saat berpuasa di siang hari.

Untuk itu saat makan sahur kita dianjurkan untuk minum air putih yang cukup kita juga dapat menerapkan pola 224, yaitu dua gelas air putih saat sahur, dua gelas saat berbuka dan empat gelas sebelum tidur.

4. Menghindari Stres

Percaya atau tidak stres merupakan salah satu faktor yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Pada dasarnya stres merupakan hal yang wajar namun jika kita tidak bisa mengelol dengan baik dan berakibat pada stres yang berkepanjangan bisa menyebabkan kita mudah terserang penyakit saat berpuasa.

Apalagi sekarang kita sedang melakukan work from home yang tentunya mengharuskan kita tetap berada dirumah jika memang tidak ada hal yang mendesak. Maka kita perlu meakukan hal-hal yang mampu membantu  mengilangkan kejenuhan seperti, menonton tv, film dan bisa juga membaca buku.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga imunitas tubuh tetap baik saat berpuasa. Apalagi saat kondisi seperti sekarang kebersihan dan kesehatan tubuh adalah suatu hal yang harus benar-benar diperhatikan. 

5. Tidak Makan Berlebihan Saat Berbuka Puasa

Pada saat berbuka puasa, biasanya kita akan merasa lapar mata seperti semua makanan akan kita makan. Hal itu perlu dihindari, makan terlalu banyak saat buka puasa beresiko membahayakan tubuh kita dan menyebabkan gangguan pencernaan serta dapat menganggu ibadah kita.


Penulis : Diah Titi
Editor : Wahid Fahrur Annas

No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.