About

Dalam perjalanannya, Komunitas Jurnalistik berdiri sebagai wahana eksplorasi kreativitas mahasiswa/i Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto (sebelumnya Jurusan Dakwah STAIN Purwokerto). Dimana ketika itu diperuntukkan lebih khusus kepada mahasiswa/i Jurusan (sebelumnya Program Studi) Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) yang secara basically keilmuan berada di wilayah tersebut. Akan tetapi, setelah melihat antusiasme mahasiswa/i dari Jurusan lain dan bahkan dari Faklutas lain, maka, sampai tahun 2015 sebagai wahana yang tidak ingin membatasi kreativitas, Komunitas Jurnalistik menerima dengan senang hati seluruh mahasiswa/i IAIN Purwokerto sebagai anggota.

Namun, terlepas dari itu semua, sebagai bagian dari keluarga besar Fakultas Dakwah, Komunitas Jurnalistik tetap mendorong kepada seluruh mahasiswa/i yang berada di bawah naungan Fakultas Dakwah untuk dapat bersama-sama menciptakan budaya kepenulisan dan memberikan apresiasi terhadap Fakultas Dakwah sebagai satu-satunya Fakultas yang memiliki wahana kretivitas khususnya di bidang kepenulisan mahasiswa/i seperti Komunitas Jurnalistik. Bentuk apresiasi tersebut dapat dilakukan dalam bentuk ambil bagian di dalamnya. Sehingga nantinya, hal tersebut dapat menjadi kebanggaan tersendiri untuk Fakultas Dakwah dan lebih khususnya untuk diri pribadi mahasiswa/i sebagai bagian dari Fakultas Dakwah.

Kemudian, salah satu bentuk kredibilitas Komunitas Jurnalistik untuk mewujudkan hal-hal tersebut. Suara IAIN Purwokerto (sebelumnya Suara STAIN Purwokerto) yang merupakan buletin kampus IAIN Purwokerto secara teknis dan penyusunan isi diamanahkan kepada Komunitas Jurnalistik beserta elemen di Laboratorium Dakwah. Selain itu juga, Komunitas Jurnalistik memiliki Buletin Gerakan Mahasiswa Pena (GEMA PENA) yang cakupannya lebih menyempit kepada Fakultas Dakwah.

Komunitas Jurnalistik, dalam membekali anggota, juga merintis pendidikan kepenulisan yang secara rutin dilaksanakan setiap minggunya. Kemudian, lulusan dari pendidikan kepenulisan tersebut akan mendapatkan ijazah dan dapat mempergunakan keilmuannya baik dalam bentuk karya ilmiah maupun non-ilmiah.

Selanjutnya, mulai kepengurusan organisasi masa khidmat 2016-2017 di bawah pimpinan umum rekan Noval Irmawan, ruang aktualisasi anggota Komunitas Jurnalistik dialihkan kepada rintisan portal berita online dan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) dengan nama Saka. Portal berita online ini dapat diakses umum melalui alamat website www.lpmsaka.id. Dimana tujuan dirintisnya laman portal berita online ini adalah untuk lebih memperluas ruang aktualisasi anggota, dengan tidak dibatasi oleh cetakan media konvensional seperti biasanya.

Alamat Redaksi
Jl. A. Yani No. 40-A Laboratorium Fakultas Dakwah Lt. 2 IAIN Purwokerto, Purwokerto, 53126 | Telp. 0857-4727-8518

No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.