Pandemi Tak Kunjung Usai, Mahasiswa IAIN Purwokerto Jalani KKN Mandiri

Ilustrasi Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (Dok : kkn45tribuana)

LPM Saka, PURWOKERTO – Mahasiswa IAIN Purwokerto akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara mandiri atau individu di tengah pandemi Covid-19. Hal ini diputuskan demi tetap berlangsungnya proses akademik.

Kuliah kerja nyata kali ini terasa berbeda, biasanya KKN dilakukan dengan berkelompok. Namun kini program KKN  dikerjakan oleh perseorangan dan berada di desa masing-masing.

Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat Nurma Ali Ridwan mengatakan, sistem KKN Angkatan 46 sekarang ini di laksanakan di tengah pandemi untuk keberlangsungan proses akademik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Mekanisme seperti biasa, tetapi KKN kali ini mahasiswa ditugaskan memberikan edukasi pencegahan atau penanganan covid 19 kepada masyarakat di desanya masing-masing,” ungkapnya saat dihubungi LPM Saka (10/6/2020).

Sementara terkait syarat dan prosedur pendaftaran terlampir surat edaran dari LPPM IAIN Purwokerto bahwa rangkaian kegiatan KKN meliputi, workshop atau Pembekalan KKN pada tanggal 1-3 Juli yang di lakukan secara bergelombang. Sedangkan  pelaksanaan KKN pada tanggal 15 Juli - 26 Agustus 2020.

Kendati demikian, KKN diselenggarakan secara berbeda namun untuk laporan dan bukti KKN tetap di kerjakan seperti biasa dengan individu. “Teruntuk laporan atau bukti tetap diserahkan secara perseorangan dari mahasiswa itu sendiri,” jelasnya.

Baca juga : laman fakultas dakwah diretas

Salah satu mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam angkatan 2017, Fahmi Yulian menyebutkan perlu adanya kejelasan dari pihak kampus terkait dana yang harus di akomodir untuk kegiatan pelaksanaan KKN mandiri.

"Semoga pelaksanaan kkn tidak benar-benar sendiri tetapi dibuat perkelompok di tiap Kecamatan. Dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19," ujarnya saat dihubungi LPM Saka (11/6/2020).

Diketahui, KKN mandiri mengusung empat tema, yakni Pendidikan, sosial budaya, agama dan kesehatan tentang Covid-19.

Nurma berharap, walaupun KKN dilaksanakan secara mandiri namun tetap tidak mengurangi esensi mengabdi kepada masyarakat di situasi pandemi yang tak kunjung usai. “Semoga KKN mandiri ini bisa berjalan lancar dan yang terpenting tetap efektif,” pungkasnya.


Reporter : Ulfatul Khoolidah & Gusti Rahmat
Editor     : Wahid Fahrur Annas

No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.