IAIN Purwokerto Siapkan Kontingen Menuju IPPBMM 2021

 

Foto : @ippbmm2021


Institut Agama Islam Negeri Purwokerto mulai mempersiapkan kontingen jelang penyelenggaraan Invitasi Pekan Pengembangan Bakat Mahasiswa (IPPBMM) tingkat Jawa dan Madura. Ajang dua tahunan tersebut akan dilaksanakan pada 21-25 Juni 2021 mendatang secara daring maupun luring di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Staf Warek 3, Khulqiyan, mengungkapkan sudah ada 74 mahasiswa yang akan membawa nama IAIN Purwokerto di ajang IPPBMM mendatang.

"Hampir semua cabang perlombaan diikuti. Hanya monolog, taekwondo, dan MHQ putra yang tidak mengikuti,” ungkap Khulqiyah saat ditemui LPM Saka (12/4/2021).

IPPBMM VIII tahun 2021 merupakan kompetisi yang memperlombakan sebanyak 30 cabang dengan terbagi atas 3 bidang yaitu ilmiah, olahraga, dan seni. Bidang ilmiah meliputi 11 cabang lomba, bidang olahraga meliputi 5 cabang lomba, dan bidang seni meliputi 14 cabang lomba. Sejumlah 53 kategori perlombaan ini diikuti oleh 18 PTKIN regional Jawa.

Koordinator IPPBMM, Alief Budiyono menjelaskan bahwa tahun ini terdapat pengurangan dalam cabang lomba. Dan untuk teknis perlombaannya akan menggunakan sistem daring dan luring.

"Jadi nanti sistemnya lebih banyak daring dengan mengirim naskah maupun video. Ada juga yang lombanya secara daring melalui zoom meeting. Untuk luring dilaksanakan langsung di Jogja. Seperti lomba debat konstitusi dan catur, " tutur Alif yang juga merupakan Dosen Fakultas Dakwah.

Tahun ini terdapat 25 cabang lomba yang dilaksanakan secara daring. Sementara lima cabang lainnya dilaksanakan secara luring di Kampus UIN Sunan Kalijaga dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seperti debat konstitusi, musabaqoh fahmil qur’an (MFQ), tenis meja, catur, dan kaligrafi.

Alif juga menjelaskan untuk seleksi terbuka di IAIN Purwokerto sudah sempat dibuka. Namun partisipasi mahasiswa masih kurang.

"Sehingga dari Wakil Rektor 3 meminta kami berkoordinasi dengan pembina UKM-UKK untuk bisa menyiapkan, menyeleksi dan membina anggotanya untuk ajang IPPBMM dengan jumlah atlet atau kontingen yang ditargetkan itu sekitar 80-an," imbuhnya.

Staf Warek 3 berharap semoga atlet dan kontingen dari IAIN Purwokerto dapat mempertahankan juara umum dan memperoleh mendali emas lebih banyak dari tahun sebelumnya.

 

Reporter          : Hilmy Andika dan Mukhammad Khoeru Tamam

Editor              : Fatih Amrulloh

No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.