Ragam Wisuda : UIN Saizu Luluskan 784 Wisudawan

Prosesi Wisuda UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

PURWOKERTO, LPM SAKA – Sebanyak 784 Wisudawan dari jenjang Sarjana hingga Doktoral resmi diwisuda Pada Selasa (22/11/2022) di Auditorium Universitas Islam Negeri Professor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto.


Prosesi Wisuda yang masuk dalam rangkaian Sidang Terbuka Senat Akademik dalam rangka wisuda dibuka dengan sambutan oleh Abdul Wachid B.S. S., M. Hum. selaku ketua senat UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri. 


Dalam sambutannya, ketua senat menyampaikan hal-hal yang harus dimiliki sebagai kekuatan pada sarjana lulusan UIN Saizu seperti memahami hakikat pendidikan dalam Al-Qur'an serta Hadits.


"sebagai mahasiswa muslim ketika melakukan eksperimen Pendidikan karakter, harus memahami terlebih dahulu hakikat Pendidikan yang ada dalam Al-Quran dan Hadist", ungkapnya


Seperti pada umumnya, Rektor memindahkan tali pada topi wisuda yang dipindahkan oleh rektor dari kiri ke kanan satu persatu kepada wisudawan, dilanjut pembacaan ikrar setia oleh seluruh wisudawan, dan sambutan dari wakil wisudawan.


Ulil Awaliyah, perwakilan wisuda yang menyampaikan sambutan sebagai perwakilan wisudawan menyampaikan harapan untuk kampus UIN Saizu semakin maju ke depannya.


“Harapan untuk UIN akan semakin jjaya, sukses dan senantiasa menghasilkan lulusan unggul yang berguna bagi nusa dan bangsa”. Ungkapnya


Tak hanya dari birokrat kampus yanh hadir dalam prosesi pelepasan mahasiswa, Pemerintah Kabupaten Banyumas yang diwaliki oleh Drs. Wondo, M.M selaku kepala bagian kesra Kabupaten Banyumas. 


Ia mengatakan dalam sambutannya bahwa wisudawan bisa menjadi salah satu sumber inisiai pembangunan daerah.


"Kami berharap bahwa para wisudawan menjadi salah satu sumber insani pembangunan dalam mendukung upaya percepatan pembangunan daerah Banyumas, dan dapat mengaplikasikan secara konkrit bagi masyarakat" 


Senada dengan Pemerintah daerah, Rektor UIN Saizu Dr. H. Mohammad Raqib, M.Ag  menyampaikan kehidupan wisudawan setelah menjadi sarjana bisa mengimplementasikan ilmu dan keterampilannya untuk masyarakat


"Proses wisuda hari ini bisa menjadi awal yang baik untuk mengimplementasikan ilmu dan keterampilan. Adapun taktisitasnya semoga bisa menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran", Pungkasnya


Sebagai informasi, pada wisuda kali ini wisudawan terbaik tingkat Universitas untuk Pascasarjana atas nama Mimi Sugiarti dengan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan IPK 3,93 Predikat dengan pujian. Dan untuk Program Sarjana terbaik tingkat Universitas atas nama Maria Ulfah dengan Program Studi Hukum Tata Negara (HTN) dengan IPK 3,90. 


Maria Ulfah, salah satu wisudawan lulusan terbaik pada wisuda kali ini, di sampaikan bahwa rasa malas menjadi salah satu hambatan selama menempuh masa perkuliahan. Maria Ulfah juga harapan untuk UIN bisa lebih bagus lagi, lebih berprestasi lagi.


“sebisa mungkin kita itu jangan menunda tugas yang diberi sama dosen, dan ga lupa dengan doa orang tua menjadi salah satu faktor terbesar”. Ungkap Maria Ulfah. 

 

Reporter : Fani Rahman, Indri Nur Azizah, Nensa Aristin, Windi Utari, Alfi Maulani (Jurnalis Muda)

Editor : Mukhammad Khoiru Tamam

Post a Comment

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Previous Post Next Post