Dr. H. Saefudin A. Syafii, M.Ed.



Setiap lembaga pendidikan, berkewajiban meningkatkan kualitas pelayanan kepada mahasiswa. Begitu juga dengan IAIN Purwokerto, yang baru-baru ini alih status. Banyak yang harus dilakukan guna meningkatkan mutu di semua lini. 

Adalah Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kehamasiswaan dan Kerjasama (Kabiro AUAKK) yang baru IAIN Purwokerto, Dr. H. Saefudin A. Syafii, M.Ed. Saefudin mengakui meski sudah pernah menjabat jabatan yang sama di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, namun masih harus membenahi banyak hal di IAIN Purwokerto. Tugas Kabiro AUAK sendiri meliputi berbagai elemen, seperti akademik, kemahasiswaan, kurikulum, mutu penelitian, pembuatan rencana program, serta yang hubungannya dengan hal internal di lembaga. Menurut Saefudin, Sumber Daya Manusia (SDM) lah yang perlu ditingkatkan kualitasnya. Yaitu tenaga pendidik dan karyawan. 

Pria kelahiran Banyumas 27 Nopember 1962 ini, tengah dalam proses mempersiapkan program-program guna membantu rektor dalam hal administrasi. Sesuatu yang diprogramkan tersebut harus benar-benar matang. “Kita membuat program tidak hanya untuk masa sekarang, tapi juga untuk masa depan.” katanya kepada wartawan Suara STAIN. Saefudin terinspirasi oleh bangunan gedung-gedung yang ada di The University of  Sydney, tempatnya dulu kuliah S2 dan S3.  Gedung-gedung di sana dibuat pada tahun 900an, tetapi sampai sekarang masih bisa digunakan dan tetap menjadi gedung yang “tidak ketinggalan zaman”. Saefudin berharap, program-program nantinya direncanakan, akan dapat bermanfaat juga di masa depan.

Saefudin menjelaskan juga bahwa program-program tersebut tidaklah harus diselesaikan oleh Rektor, Wakil Rektor, dan Kabiro AUAKK yang sekarang, tetapi jika belum selesai dapat diselesaikan oleh pemegang jabatan selanjutnya. Yang terpenting adalah harus selalu mencanangkan program yang luar biasa.

Pria yang mempunyai tiga orang anak ini, juga melihat di IAIN Purwokerto belum begitu banyak tenaga ahli. Sehingga untuk melaksanakan program-program tersebut haruslah langsung melibatkan ahlinya. Menurutnya, semua harus dilakukan dengan usaha yang terbaik. Karena menurutnya amal sholeh berarti bekerja professional. Seperti yang tercantum dalam juga dalam perintah Al Qur’an. (Amel)

No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.