Mahasiswa BKI Katakan Tidak Pada Narkoba

Membawa semangat Hari Kebangkitan Nasional, HMPS BKI IAIN Purwokerto (20/5) mengadakan Sosialisasi dan Pelatihan Kader Anti Narkoba bertajuk “Konselor Minangka Juru Wilujeng Bangsa Saka Tamba”. Acara yang berlangsung di Student Centre IAIN Purwokerto ini bertujuan untuk mengajak mahasiswa ikut berperan aktif dalam upaya menyelamatkan generasi bangsa.

Bekerja sama dengan BNN Kabupaten Purbalingga dan Pemuda Anti Narkoba Mahasiswa Banyumas (PENAMAS), mahasiswa diberi pengarahan mengenai bahaya narkoba dan hukum yang menyangkut penyalahgunaannya.  Selepas acara, mahasiswa yang mengikuti pelatihan, secara resmi menjadi kader anti narkoba di bawah naungan PENAMAS. Kader Anti Narkoba mempunyai tanggung jawab mencegah peredaran narkoba di lingkungan masyarakat. Hal ini merupakan sebuah pintu bagaimana para pemuda bangsa tidak hanya memberikan wacana, melainkan berperan langsung untuk memerangi narkoba.

Ketua Jurusan Bimbingan Konseling Islam IAIN Purwokerto, Nurma Ali Ridwan, M.Ag., dalam sambutannya mengungkapkan bahwa hal ini adalah langkah yang bagus untuk  mahasiswa ke depan, sehingga acara ini tidak berhenti begitu saja, melainkan sebuah  awal untuk mahasiswa, agar nantinya dapat belajar dan berkonstribusi melalui peran nyata di masyarakat.

Dalam sesi pelatihan kader anti narkoba, Pak Edi selaku Kepala BNN Kabupaten Purbalingga menyatakan hal yang senada tentang peran masyarakat dalam menyelamatkan pemuda dari bahaya narkoba. Ia juga menyampaikan program kerja BNN yang melibatkan kader di lingkup karesidenan Banyumas dan beberapa Kabupaten lain seperti Brebes, Tegal dan Pemalang, sehingga BNN dan mahasiswa dapat bekerja sama dalam mewujudkan pemuda bangsa yang sehat tanpa narkoba. (Nov)

No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.