Menumbuhkembangkan Minat Menulis Mahasiswa



Komunitas Jurnalistik IAIN Purwokerto bekerjasama dengan Inspirator Academy mengadakan Workshop Menulis Buku pada Senin (3/7), bertempat di Laboratorium Dakwah IAIN Purwokerto lantai dua. Workshop diikuti oleh 30 mahasiswa IAIN Purwokerto dari berbagai fakultas. Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka menumbuhkembangkan minat menulis di kalangan mahasiswa. Disebutkan oleh Najib dalam sambutannya bahwa peserta diharapkan tetap menulis untuk mengembangkan skill, entah nantinya tulisan mereka dibaca atau tidak.

Minat mahasiswa terhadap dunia tulis menulis digebrak dengan dihadirkannya narasumber seorang penulis muda asli Banyumas, Brili Agung. Dengan hadirnya Brili sebagai narasumber diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi peserta yang hadir. Antusias peserta sangat terlihat dari awal sampai akhir acara, walaupun workshop diadakan pada bulan puasa namun tidak menyurutkan semangat para peserta untuk mengikuti rangkaian kegiatan workshop . Kehadiran Brili disambut dengan tepuk tangan yang meriah oleh para peserta. Penulis muda asli Banyumas ini, dengan semangat menyapa para peserta. Dirinya merasa bangga dan senang karena dapat bertatapmuka dengan mahasiswa IAIN Purwokerto untuk kedua kalinya. Sebelumnya Brili pernah mengisi acara serupa di kampus ini.

Penulis muda-yang telah berhasil menulis 17 buku ini-menyebutkan bahwa profesi sebagai penulis itu menyenangkan. Melalui menulis kita dapat menghibur orang dan bermanfaat bagi banyak orang. Sesuai dengan tema yang diangkat yaitu “Menata Kata Abadikan Makna”, menulis memang proses menata kata yang kemudian dari rangkaian kata itulah melahirkan karya berupa puisi, cerpen, novel, artikel, dan lain- lain. Karya- karya tersebut kemudian dapat membuat makna yang kita tuangkan menjadi abadi.

Brili tidak segan-segan berbagi kisah suksesnya yang tak terlepas dari bimbingan Inspirator Academy. Penulis asli Banyumas ini juga membedah rahasia-rahasia menulis, termasuk keuntungan apabila kita serius menekuni dunia tulis menulis. Melalui tulisan kita dapat dikenal dan dikenang oleh banyak orang. Lebih dari itu, menulis juga dapat menghasilkan uang. Oleh karenanya, menulis bukanlah pekerjaan yang remeh. Banyak penulis-penulis Indonesia yang kemudian muncul sebagai deretan nama penulis dengan penghasilan fantastis. Hal ini membuktikan betapa dihargainya seorang penulis atas karya-karyanya sehingga dapat menghasilkan penghasilan yang fantastis. Namun-terlepas dari hal tersebut-yang terpenting adalah kemauan untuk belajar dan berproses dalam dunia tulis menulis.

Penjelasan Brili mengenai dunia tulis menulis dilanjutkan dengan diskusi. Dengan pembawaannya yang santai-namun tetap menggugah semangat-penulis muda ini menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan peserta. Dengan jiwa mudanya, tak jarang jawabannya mengundang tawa sehingga suasana puasa tidak begitu terasa. Rangkaian kegiatan workshop ditutup dengan buka bersama, sholat berjamaah dan sesi foto-foto bersama Brili Agung dan Inspirator Academy. [April]

No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.