19 PTKIN Seluruh Indonesia Ikuti Lomba Musabaqah Qiroatul Kutub

(Doc. lpm saka - Peserta lomba MQK) 




Purwokerto, LPM SAKA – Musabaqoh Qiroatul Kutub menjadi salah satu cabang lomba dalam acara Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) VII se-Indonesia yang diselenggarakan di IAIN Purwokerto, Rabu (28/4).

Perlombaan yang bertempat di gedung E5 dilaksanakan melalui dua  sesi, sesi pertama pada Rabu (25/4) yang dikuti 17 peserta putra dan 19 peserta putri pada Kamis (26/4). Dengan total peserta sebanyak 36 dari 19 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia.

Teknis perlombaan ini yaitu masing-masing peserta diberi waktu 22 menit dengan perincian waktu sesi penampilan 7 menit (membaca 3 menit dan menjelaskan 4 menit) dan 15 menit untuk sesi tanya jawab pertanyaan yang diberikan oleh masing-masing juri.

Dalam perlombaan ini terdapat 3 juri, yaitu dosen IAIN Purwokerto, pengasuh pondok pesantren Al-Ma’mur Sokaraja dan dosen UIN Malang.  Aspek penilaian juri meliputi Qira’ah (aksentuasi/pelafadzan huruf) sebanyak 10%, Fahmul Lafadz (arti murodat) sebanyak 25%, Fahmul Jumal (pemahaman makna/penjelasan tekstual dan kontekstual) sebanyak 25%, kaidah Nahwu dan Shorof sebanyak 25%, dan tanya jawab sebesar 10%.

Dengan keputusan akhir lomba Musabaqah Qiroatul Kutub putra dimenangkan oleh UIN Sunan Ampel dengan perolehan nilai 528, UIN Jogja 524 dan IAIN Purwokerto 519. Sedangkan untuk putri di menengkan oleh UIN Banten dengan perolehan nilai 518, UIN Malang 512 dan IAIN Kediri 497.

Reporter          : Cucu Indah Sari
Editor              : Kharisma Pamula

No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.