Tim Debat Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Raih Juara Pertama



Purwokerto, LPM SAKATim debat bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga raih juara pertama lomba debat bahasa Arab dalam Invitasi Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) VII Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) 2018 se-Indonesia. Lomba diadakan di Gedung Terpadu Syariah / FEBI, IAIN Purwokerto yang berlangsung dari Rabu, 25 April hingga Kamis, 26 April 2018.

Lebih dari 18 tim debat bahasa Arab dari PTKIN se-Indonesia telah melewati babak penyisihan dan semi final yang sengit. Hingga pada babak final, UIN Sunan Kalijaga dihadapkan dengan UIN Malang. Keduanya saling beradu argumen dengan waktu yang terbatas yaitu setiap orang hanya diperkenankan menyampaikan gagasannya hanya dalam waktu 7 menit. Hingga akhirnya UIN Sunan Kalijaga yang diwakili oleh Zulkifli dan Rahmat berhasil memenangkan debat dan tampil sebagai juara pertama.

“Luar biasa para penampilan debat kali ini, mereka sungguh memiliki wawasan yang luas dalam berdebat. Saya jadi merasa ingin menjadi salah satu dari mereka. Bisa berdebat seru menggunakan bahasa Arab. Saya sangat salut dan terinspirasi,”kata salah satu penonton debat bahasa Arab, Eti.

Juri yang menilai lomba debat ini berasal dari dosen IAIN Ponorogo, IAIN Kudus, UIN Semarang, UIN Jogja, IAIN Purwokerto, serta Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) yang berkompeten dalam bidang tersebut, sehingga keobjektifan dalam penilaian memang telah terjamin. Setelah babak final berakhir, barulah juri menentukan 6 juara dari juara 1 hingga juara harapan 3. Hasil penilaian yang akurat telah diperoleh dari perundingan dewan juri yang cukup lama, hingga akhirnya dewan juri mengumumkan pada Kamis, (26/4). Juara harapan 1 diraih oleh IAIN Purwokerto, juara harapan 2 diraih oleh UIN Gunung Jati, juara harapan 3 diraih oleh UIN Banten. Sedangkan untuk juara 3 dipegang oleh UIN Syarif Hidayatullah, kemudian juara 2 diraih oleh UIN malang, dan juara 1 diperoleh UIN Jogja.

Reporter          : Nur Rohmah Sri Rezeki
Editor              : Anonymus

No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.