31 PTKIN Diundang, 10 Kontingen Lomba Hadroh Ramaikan IPPBMM Se-Indonesia


Purwokerto, LPM SAKA – Dari 31 Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri yang diundang mengikuti lomba Hadroh, hanya 10 kontingen Hadroh yang meramaikan Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Mahasiswa (IPPBMM) VII Se-Jawa Madura di IAIN Purwokerto pada Rabu, 25 April 2018.

“Hal ini dikarenakan keterbatasan  dana untuk transportasi bagi PTKIN yang jauh lokasinya dari tempat perlombaan dan karena lomba Hadroh merupakan cabang lomba baru dalam IPPBMM tahun ini,”kata penanggung jawab lomba Hadroh, Arsam 

Sepuluh PTKIN tersebut berasal dari IAIN Salatiga, IAIN Pekalongan, STAIN Kudus, IAIN Syekh Nurjati, UIN Sunan Ampel, IAIN Tulungagung, IAIN Purwokerto, UIN Sunan Kalijaga, UIN Walisongo dan IAIN Jember. Lomba Hadroh akan berlangsung pada hari Rabu hingga Kamis, 25-26 Apil 2018. Di hari pertama dilakukan seleksi babak penyisihan untuk 10 PTKIN dan akan dipilih sebanyak 6 PTKIN yang akan lolos ke babak final. 

Arsam menjelaskan dalam pemanggilan nomer undi, Master Of Ceremony tidak menyebutkan asal masing daerah dari masing-masing peserta. Itu dikarenakan untuk menjaga sportifitas lomba dan karena salah satu juri lomba tersebut ada yang dari perguruan tinggi dan dikhawatirkan akan melebih-lebihkan nilai untuk peserta dari substansinya sendiri apabila dewan juri mengetahui asal daerah dari masing-masing peserta lomba Hadroh.

Sedangkan peserta lomba Hadroh yang masuk ke babak grand final sebanyak enam peserta telah terpilih: IAIN Purwokerto, IAIN Salatiga, IAIN Tulungagung, UIN Sunan Kalijaga, UIN Walisongo dan IAIN Jember. Peserta akan tampil lagi besok pada Kamis, 26 April 2018 untuk menentukan juaranya. “Kebanyakan kelemahan peserta adalah tidak selaras dalam perpaduan suara antara vocal utama dan backing vocal, koreo yang kurang menarik dan variasi musik yang kurang kreatif," kata Dewan Juri, Bapak Syarif Hidayatulloh.

Reporter          : Ni'matussaadah
Editor              : Aji

No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.