ADIKSI IAIN Purwokerto Gelar Seminar LPDP Se-Jawa Tengah dan Yogyakarta



Purwokerto, Lpm Saka - Seminar LPDP dan motivasi yang diselenggarakan oleh Asosiasi Mahasiswa Bidik Misi (ADIKSI) IAIN Purwokerto yang bertemakan sebuah kontribusi meningkatkan daya saing bangsa berjalan sukses. 

“Tujuan dari LPDP adalah mempersiapkan pemimpin yang profesional untuk masa depan Indonesia melalui pembiayaan pendidikan,kata Drs. Astera Primanto Bakti, M.Tax saat presentasi di Auditorium Utama IAIN Purwokerto pada hari Jum’at, (30/3) 2018.
 
Seminar ini mendatangkan pembicara langsung dari direktur Lembaga Penyedia Dana Pendidikan (LPDP), Drs. Astera Primanto Bakti, M.Tax yang merupakan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan dan sebagai Master of  Taxation di University of Denver serta Rachmad Adi Riyanto sebagai award beasiswa LPDP dan merupakan finalist mahasiswa berprestasi tingkat nasional serta menyandang gelar magister of science dari Universitas Leeds, Inggris. 

Seminar dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama adalah pengenalan Beasiswa LPDP dari Astera selaku direktur LPDP. Beliau mengawali presentasinya dengan menyuguhkan video tentang sejarah Revolusi Industri yang terjadi di dunia, dilanjutkan bagaimana keadaan negara Indonesia di tahun 2045 jika berhasil merealisasikan 5 visi. 

Setelah itu baru beliau menjelaskan singkat tentang beasiswa LPDP.
Untuk sesi yang kedua pemateri adalah seorang alumni yang meraih beasiswa LPDP S2 di Inggris yaitu Rahmad Adi Riyanto.  Ia memulai perkenalannya melalui sebuah video yang memaparkan tentang dirinya dan segudang prestasi yang diraihnya. Penyampaian berikutnya adalah tentang kisah pengalaman beliau serta kiat-kiat meraih beasiswa LPDP. 

Acara ini dihadiri 345 peserta yang berasal dari 57 univesitas di Jawa Tengah dan DIY serta mahasiswa IAIN Purwokerto itu sendiri. Pada dasarnya seminar LPDP dan motivasi merupakan rangkaian dari kegitan Musyawarah Wilayah (Musywil) Bidikmisi untuk Wilayah 5 yaitu Jawa Tengah dan Jogjakarta karena pada tahun 2018 adiksi IAIN Purwokerto menjadi tuan rumah Musywil. Sementara puncak acara adalah pada hari Sabtu, 31 Maret 2018 yang diadakan di kantor diklat kabupaten Banyumas. Seminar menjadi acara pembuka kegiatan tersebut serta untuk menyambut mahasiswa peserta musywil dari luar IAIN Purwokerto. 

“Tujuan seminar ini adalah untuk memfalitasi teman-teman khususnya mahasiswa yang menjadi peserta musywil dan mahasiswa IAIN pada umumnya, untuk mendapatkan informasi terkait beasiswa LPDP serta untuk menumbuhkan semangat melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya secara mandiri”. Ujar Lina selaku ketua panitia. Lina juga menjelaskan bahwa seminar LPDP ini merupakan yang pertama kali di Banyumas raya. Hal tersebut berdampak pada antusias peserta seminar yang luar biasa diikuti jumlah peserta yang meningkat melebihi kuota.

Reporter : Nur Rohmah Sri Rezeki
Editor     : Ahmad Nur Aji Wibowo
 



No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.