Tiga Karakter Mahasiswa PTKIN Menurut Kamaruddin Amin pada Pembukaan IPPBMM

Kamaruddin Amin saat memasuki halaman Rektrorat IAIN Purwokerto
LPM Saka – Sambutan dan pemukulan gong oleh Ditjen Pendidikan Agama Islam, Kamaruddin Amin, secara resmi menandai pembukaan Invitasi Pekan Pengembangan Bakat Minat Mahasiswa (IPPBMM) VII PTKIN 2018, Selasa (24/4) di halaman Rektorat IAIN Purwokerto.

Dalam sambutan tersebut, Kamaruddin Amin, menjelaskan ada tiga karakter yang harus ditonjolkan oleh mahasiswa Perguruan Tinggi Kementerian Islam Negeri (PTKIN). Karakter moral, karakter kinerja, dan karakter literasi.

Menurut Kamarudin Amin, karakter moral yang fundamental di era revolusi yang harus dimiliki oleh mahasiswa PTKIN berupa kejujuran, tawadu, serta hal yang berkaitan dengan akhlak. Mahasiswa yang mempunyai akhlak diimbangi dengan kecerdasan, berupa cerdas dalam bekerja dan punya cita-cita yang tinggi. Dan karakter literasi sosial dan digital yang menjadi karakter revolusi industri untuk menjawab tantangan masa kini.

“Oleh karena itu, semoga kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini bisa menghasilkan sesuatu yang produktif untuk mewujudkan anak-anak bangsa yang memiliki literasi, memiliki kompetensi, dan memiliki karakter,” ujar Kamarudin Amin yang diiringi dengan pemukulan gong dan penerbangan balon.

Reporter: Umi Uswatun Hasanah.
Editor: Fania Hayah.

No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.