“Sugih Tanpa Banda” Tutup Pertunjukkan Dalang Jemblung


Banjarnegara, LPM Saka – Ada beragam komunitas di Fakultas Dakwah Institut Agama Islam (IAIN) Purwokerto. Di mana masing-masing komunitas mempunyai kekhasan dalam merayakan hari jadinya. 

Digagas dua tahun yang lalu, Komunitas Pegerak Sosial (Kompos) yang didalangi oleh Elur, Hepeng, Kentung, Vili, dkk, gelar pertunjukkan Dalang Jemblung di Bukit Rumpit. Dengan menggandeng pemuda dan warga sekitar Bukit Rumpit, Banjarnegara, 27-29 April 2018.

Melalui pertunjukan yang diisi pesan sosial, Dalang Jemblung bersama keempat wayangnya ajak warga sekitar untuk  menjadi manusia yang bermanfaat salah satunya dengan gotong royong. Bahkan, warga berkesempatan untuk berdialog langsung dengan Dalang Jemblung mengenai makna tumpeng dan janur.



Tumpeng artinya tumindake sing lempeng. Ana lawuh lah, teri, tempe. Ora segetih tapi seduluran ketemu bareng-bareng berkat cinta maring gusti Alloh. Janur kue tegese akeh manfaate. Nggo gawe kupat, glugune ya kanggo nggawe,” ujar Dalang Jemblung, saat pertunjukkan di Bukit Rumpit, Sabtu, (28/4).

Sehingga, pertunjukan tersebut menarik perhatian warga sekitar mulai dari anak-anak, orang tua, sampai mahasiswa dari komunitas Fakultas Dakwah. Di penghujung pertunjukan, sang dalang mengajak warga menyanyikan tembang “Sugih Tanpa Banda” karya Sujiwa Tejo. 

Bertemakan “Cahaya di Bukit Rumpit”, Kompos beserta pengelola wisata berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar Bukit Rumpit dengan menarik para wisatawan agar berkunjung. Lantaran Track bike terpanjang se-Jawa Tengah dengan panjang area 5,5 km disebut-sebut menjadi salah satu hal yang menarik dari Bukit Rumpit.

"Semoga bukit rumpit semakin berkembang dan semakin dikenal di jagat raya sehingga membuat perekonomian warag sekitar bukit rumpit semakin berkembang," ungkap Viliana Farita selaku ketua umum Komunitas Pegerak Sosial (Kompos). 

Reporter          : Khoirul Malik Al Farisy
Editor              : Umi Uswatun Hasanah
 

No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.