Gebrakan Baru, HMJ BKI Gelar Donor Darah

Kegiatan Donor Darah di Lab Dakwah (Selasa, 25/9/2018)

Purwokerto, LPM SAKA - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ)  Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN)  Purwokerto bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI)  unit Sokaraja menggelar kegiatan donor darah sebagai salah satu rangkaian kerja divisi Sosial Karir, Selasa (25/9) di Laboratorium (LAB)  Dakwah lantai satu.
                                
Ditemui diruangannya, Alief Budiyono selaku Kepala Lab Fakultas Dakwah menyampaikan bahwa kegiatan donor darah ini sangat baik dilaksanakan karena selain untuk kesehatan juga untuk menumbuhka rasa empati,  "kegiatan ini sangat baik dari segi aspek psikologinya,  kita bisa memunculkan rasa empati kepada orang lain," ungkapnya.

"Kegiatan ini bagus,  jadi ada terobosan baru bagi mahasiswa dakwah terutama BKI,  tidak monoton, tidak melulu seminar dan bazar.  Ini adalah terobosan baru dengan membuat gebrakan apalagi kegiatan ini terdapat nilai sosial," lanjutnya.

Sementara Vera Restu Lestari, selaku Koordinator kegiatan donor darah mengatakan  jika kegiatan ini diselenggarakan untuk bakti sosial dan merupakan salah satu program dari divisi sosial karir, "kegiatan ini sebagai salah satu rangkaian bakti sosial sekaligus program dari divisi sosial karir," ujarnya.

Kegiatan donor darah tersebut mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, salah satunya dari Frida Dewi Febiyanti, mahasiswa angkatan 2017 program studi BKI berharap, semoga darah yang disumbangkannya dapat bermanfaat untuk orang lain, "semoga darah yang sudah saya donorkan bisa bermanfaat untuk orang lain dan semoga tubuh saya sehat terus agar bisa rutin donor darah untuk kemanusiaan," urainya.

Disampaikan Azka Silma Awawina selaku ketua HMJ BKI, dalam kegiatan donor darah ini setidaknya ada 74 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya,  padahal dari pihaknya hanya menargetkan 60 pendaftar saja. Namun,  tidak semua mendapatkan kesempatan karena akan diseleksi terlebih dahulu sesuai kriteria yang telah ditentukan.  

Kegiatan di Lab Dakwah lantai satu









"Kurang lebih ada 49 pendaftar yang berhasil mendonorkan darahnya dari 74 pendaftar, sementara sebagian kecil yang tidak lolos karena tidak memenuhi syarat seperti hemoglobin rendah yang disebabkan oleh kurang istirahat, kurang sayur dan kurang vitamin C," ungkapnya.

"saya berterimakasih kepada kalian atas partisipasinya,  karna yang telah kalian lakukan adalah untuk kemanusiaan," tambahnya.

Reporter          : Dwi Askinita, Fitri Yuliani Sa'adah, Noviarni Isnaeni Rahajeng
Editor              : Wilujeng Nurani

3 comments:

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.