Memperkuat Ilmu Kejurusan, BKI Gelar Seminar

Hall Perpustakaan IAIN Puwokerto, Selasa (13/11)



PURWOKERTO, LPM SAKA – Gna memberikan kekuatan terhadap keilmuan yang ada, Prodi Bimbingan Konseling Islam (BKI), Fakulas Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto menggelar seminar berjudul “Mengembangkan Empati dalam Layanan Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial (DKJPS) di Hall Perpustakaan, pada Selasa (13/11).

Seminar ini diikuti oleh 100 peserta yang sudah mendaftar secara online dari jauh-jauh harinya. Acara ini disambut oleh Nurma Ali Ridwan,M.Ag, Penanggung Jawab Acara sekaligus ketua Jurusan. Nurma menyatakan tujuan diadakan seminar ini untuk memberikan kekuatan terhadap keilmuan yang ada dalam jurusan BKI.“Seminar kali ini dilakukan juga dalam rangka memberikan kekuatan terhadap keilmuan yang ada dalam Bimbingan Konseling Islam itu sendiri, sehingga dari sini mahasiswa di akhir selain memiliki tambahan ilmu sekaligus pengalaman –pengalaman praktis di lapangan yang digambarkan oleh para pemateri”

Senada dengan Nurma Ali Ridwan,M.Ag, Dr. Zaenal Abidin,M.Pd juga memberikan sambutan sekaligus membuka acara, dalam sambutannya ia berharap jika mahasiswa dapat mengikuti acara dengan tekun sampai memperoleh keilmuannya

“Saya berharap mahasiswa semua tekun mengikuti acara ini sampai selesai, sampai  berhasil mendapatkan ilmu dari sini, dan harapan kedua mudah-mudahan panjenengan  semua paling tidak bisa menjadi Sus Budhiarto yang baru.”

Seminar yang berlangsung Selasa Pagi ini mendatangkan dua narasumber, yang pertama yaitu Dr. Muskinul Fuad,M.Ag ia adalah Dosen dari Prodi Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah Institut Agama Islam (IAIN) Purwokerto dan yang kedua adalah Sus Budhiarto,S.Psi.,M.Si, ia dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta yang memiliki berbagai pengalaman tentang dunia praktisi

Sus Budhiarto,S.Psi.,M.Si menyatakan jika acara seminar seperti ini perlu sering diadakan untuk semakin menambah keilmuan mahasiswa. “Acara seperti ini perlu sering diadakan, untuk menyadari bahwa salah satu kekuatan mahasiswa IAIN itu adalah pemahaman kepada agama telah sangat baik pada umumnya, dan yang belum baik tinggal diperbaiki. Setelah itu lebih baik ilmu dihayati dan kemudian diamalkan.”

Sementara itu acara seminar tersebut mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, salah satunya dari Ramadhani Ayu Balkist Aurelie mahasiswa semester 3 prodi BKI selaku peserta dalam acara tersebut. Ia merasakan bahwa acara seminar tersebut sangat bermanfaat bagi dirinya.“Jadi kalo menurut aku ini bagus banget, apalagi ada basic kalo misal kita mau menjadi seorang helper atau relawan. Seminar ini sangat membantu, gimana cara kita membangun kesehatan jiwa para korban ini, yaitu salah satunya melalui terapi.”

Reporter : Dwi Askinita
Editor     : Aji     

No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.