Forkomnas KPI Ajak Mahasiswa Bijak Bermedia

Foto: Moderator dan Pembicara Seminal Nasional bertajuk "Bijak Bermedia dalam Menghadapi Tahun Politik" di Hall Perpustakaan IAIN Purwokerto pada Kamis (21/02).

Purwokerto, LPM Saka
– IAIN Purwokerto menjadi tuan rumah Forum Komunikasi Mahasiswa Nasional Komunikasi Penyiaran Islam (Forkomnas KPI) selama tiga hari. Terhitung sejak Kamis-Sabtu, 21-23 Februari 2019. Forum tersebut resmi dibuka oleh Wakil Rektor (Warek) III, Dr. H. Supriyanto, Lc., M.S.I di Hall Perpustakaan IAIN Purwokerto pada Kamis (21/02).

Saat ditemui di kantor Warek III, Dr. H. Supriyanto, Lc., M.S.I juga mengungkapkan menaruh banyak harapan atas terselenggaranya Forkomnas. Ia berharap, mahasiswa KPI setelah ini harus mampu melakukan inovasi. Baik dalam bentuk industri kreatif maupun teknologi komunikasi.

Setelah resmi dibuka, sebanyak 88 mahasiswa KPI dari 28 Perguruan Tinggi Keagaaman Islam Negeri (PTKIN) mengikuti Seminar Nasional. Seminar tersebut bertajuk “Bijak Bermedia dalam Menghadapi Tahun Politik” dengan tiga narasumber yang mumpuni. Yakni Zunianto Subekti, Nur Sayyid Santoso Kristeva, S.Pd.I., M.A,. dan Sarif Abdillah, S.Pd.I. Dan dimoderatori oleh Oki Edi Purwoko, S. Farm., M.s.i   

Dalam seminar tersebut, masing-masing narasumber berbicara perihal literasi media dan sejarah media di era pergulatan politik. Selain itu, secara garis besar pembicara juga menekankan kepada pengguna media agar bijak dalam menerima dan menyebarkan informasi. Sebelum mengakhiri seminar, moderator juga memberi pesan.

“Media harus mempengaruhi politik. Bukan politik yang mempengaruhi media,” tutup Oki.

Setelah seminar tersebut selesai. Salah satu peserta Forkomnas KPI, Fahira Amri Zahirah mahasiswa Unsiq Wonosobo juga menuturkan, bahwa ia berharap, “bisa membawa teman-teman punya misi yang lebih untuk kampusnya masing-masing,” pungkasnya.

Selain seminar, di forum tersebut juga ada Pra Kongres dan Musyawarah Wilayah III Jawa Tengah – Daerah Istimewa Yogyakarta. Serta diadakan perlombaan radio, news anchor, film pendek, da’i, dan duta KPI.

Reporter          : Umi Uswatun Hasanah
Editor              : Alvin Hidayat

1 comment:

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.