Gramedia Banyumas Menggerakkan Budaya Literasi



LPM Saka, Purwokerto – Sekitar 2.000 peserta meriahkan lomba karnaval literasi. Lomba karnaval literasi digelar dalam rangka Festival Literasi Gramedia Banyumas di Kodim 0701 Banyumas pada Sabtu (9/2).

Lomba karnaval literasi dimulai pukul 07.30 WIB. Rute yang ditempuh dari Kodim 0701 Banyumas-Jl. Bank-SMA 2 Purwokerto-Tugu Pancasila di simpang Jl. Gatot Subroto dan Jl. Merdeka kemudian berakhir di Kodim 0701 Banyumas. Dalam lomba karnaval tersebut, para peserta mengenakan kostum unik dan berbagai atribut kampanye budaya literasi. Seperti spanduk ajakan budaya membaca.

“Festival literasi ini sebagai ajang untuk menggerakkan budaya literasi kepada masyarakat dan juga mengajak untuk melek membaca serta lebih gemar membaca,” ujar salah satu panitia Mukhlis.
Selain itu, acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono, Kepala Perpustakaan Daerah Banyumas Ir Djoko Wikanto, MM, dan Suherman Notulen di Program Televisi Indonesia Lawak Klub (ILK).

Dalam kesempatan tersebut, Suherman yang akrab disapa Kang Maman, juga mengungkapkan kekhawatirannya terhadap posisi literasi Indonesia di dunia. Lantaran Indonesia berada di nomor 60 dari 61 negara. Bahkan, minat baca masih sangat kecil yakni 0,001 %. Artinya, 1000 orang berkumpul hanya satu yang suka membaca.

“Tujuan menggerakan literasi untuk menjadi bangsa yang besar dan menjadi bangsa yang cerdas dan kita lebih memadatkan penjelasan itu,” tambah Kang Maman.

Reporter : Wahid Fahrur Annas
Editor     : Umi Uswatun
                                                                                                                                                              

No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.