Semarak Ramadan, HMJ KPI Gelar Safari Ramadan


 
Foto HMJ KPI bersama Anak Panti Asuhan Putra Muhammadiyah pada Sabtu (18/5/2019).

Purwokerto, LPM Saka – HMJ KPI IAIN Purwokerto manfaatkan bulan ramadan untuk adakan kegiatan positif dan bermanfaat yakni Safari Ramadan di Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Purwokerto pada Sabtu (18/5/2019). Dengan mengusung tema “Tebar Kebaikan dengan Semangat di Bulan Ramadan” acara berjalan meriah.  

“Karena mengingat kegiatan HMJ kita dari tahun ke tahun kurang dalam hal sosial dalam hal filantropi. Makanya mumpung ramadan juga, jadi kita dari HMJ KPI menyebarkan kebaikan di bulan ramadan,” ungkap Ketua Panitia Safari Ramadan Romi Zarida, saat ditemui oleh LPM Saka di Aula Panti Asuhan Putra Muhammadiyah.

Safari Ramadan merupakan program yang dikelola oleh Menteri Luar Negeri Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (HMJ KPI) IAIN Purwokerto sebagai wadah silaturahmi sesama muslim di bulan ramadan. Dengan acara inti yakni kuliah tujuh menit (kultum), buka bersama, tarawih bersama, dan sahur on the road. Romi juga menambahkan, kegiatan Safari Ramadan tidak hanya di satu panti saja.

“Karena kegiatan ini safar, yaitu jalan. Jadi Safari Ramadan ini bukan hanya di Panti Asuhan Putra Muhammadiyah saja, tetapi santunan ke panti asuhan lain. Dan juga akan ada sahur on the road. (Sedangkan) untuk puncaknya sendiri ada di sahur on the road,” ungkapnya. 

Selain itu, HMJ KPI juga turut mengundang Lembaga Kemahasiswaan dan komunitas di Fakultas Dakwah. Romi juga menambahkan jika donasi yang terkumpul didapatkan murni dari donatur. “Alhamdulillah dana murni dari donatur. Untuk donatur sendiri datang dari berbagai kalangan. Pengumpulan dana sendiri kami lakukan selama satu minggu. Dan alhamdulillah terkumpul dana kurang lebih Rp. 4.700.000.”

Senada dengan Romi Zarida, HMJ KPI Charis Zain Fathoni juga mengungkapkan selain Panti Asuhan Putra Muhammadiyah, juga akan memberikan donasi kepada Panti Asuhan lain, “iya alhamdulillah kita nanti ada beberapa panti asuhan yang mendapat donasi, di antaranya Panti Asuhan  Putra Muhammadiyah, Panti Asuhan Al Ma’un Kalimosodo dan Panti Asuhan Baiti Jannati.”

Safari Ramadan Dinilai Positif

Banyak apresiasi yang datang kepada HMJ KPI saat Safari Ramadan berlangsung. Salah satunya dari Kepala Jurusan HMJ KPI Uus Uswatusolihah S. Ag. MA, menurutnya kegiatan Safari Ramadan mempunyai beberapa manfaat. Seperti mengenalkan fakultas maupun institusi kepada pihak luar dan bisa menjadi ladang mahasiswa untuk belajar bersosialisasi.

“Sangat bagus untuk pengalaman dalam bersosialisasi dan menumbuhkan empati terhadap orang lain, mengasah jiwa sosialnya, berbagi,” ujar Uus Uswatusolihah S. Ag. MA saat ditemui LPM Saka di rang tunggu. Selain itu, Uus Uswatusolihah S. Ag. MA juga berharap, pihak panti asuhan bisa mengambil pelajaran dari acara Safari Ramadan. Seperti peningkatan semangat anak-anak panti untuk meraih cita-citanya.

Senada dengan Kajur KPI, Riza Miftakhussalam mahasiswa prodi KPI yang menggiati Komunitas Fixlens juga mengungkapkan Safari Ramadan bernilai positif, “menurut saya acara dari HMJ ini bagus dan bermanfaat. Dilihat dari pendanaan mereka juga mandiri, berusaha mengumpulkan dana dari donatur.”

Tidak hanya itu, salah satu anak didik panti asuhan Ahmad Ali juga mengungkapkan syukurnya. “Dari pihak kami sendiri bersyukur banget. Karena ternyata masih ada antusias dari pemuda di bulan suci ini yang masih bisa menggiatkan aktivitas selain akademik.”


Reporter          : Dwi Askinita
Editor              : Umi Uswatun Hasanah
Foto                 : HMJ KPI IAIN Purwokerto
 


No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.