Komunitas Lindungi Hutan, Adakan Aksi Hutan Merdeka


Foto Dokumentasi Panitia
Purwokerto, LPM Saka – Melihat realitas bahwa suara hutan kurang terdengar dan terjadi banyak tebang liar, Komunitas Lindungi Hutan Banyumas mengadakan aksi Hutan Merdeka di Kawasan Baturraden pada Sabtu (24/08/2019) pagi.

Acara yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB ini bersinergi dengan beberapa instansi di wilayah Kabupaten Banyumas, antara lain: Perum Perhutani Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH), Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH). 

Perwakilan Perum Perhutani Heri Hutanto menyampikan bahwa pihaknya mendukung penuh aksi Hutan Merdeka. Sebab, aksi ini dianggap bisa melestarikan hutan khususnya di Banyumas.  Selain itu, Koordinator Komunitas Lindungi Hutan Angga Feri Setyawan mengungkapkan bahwa aksi Hutan Merdeka hanya sebuah momentum, tetapi pesan yang ingin disampaikan yaitu agar masyarakat bisa lebih peduli pada lingkungan terutama alam.

“Ya pesan dari kami kepada seluruh masyarakat khususnya di Banyumas, kami mengajak seluas-luasnya, siapapun kamu, apapun profesimu, di manapun kamu berada marilah kita bersama-sama lebih peduli terhadap lingkungan, terhadap hutan yang ada di sekitar kita,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Siti Nurlailasari menjelaskan bahwa aksi Hutan Merdeka ini merupakan lanjutan dari aksi Rawat Bumi dalam memperingati Hari Bumi pada bulan April lalu. Dalam aksi sebelumnya, Komunitas Lindungi Hutan melakukan penanaman pohon sebanyak 1.500 bibit pohon jenis Trembesi dan Damar. Selain itu, Laila juga menambahkan bahwa aksi ini adalah bentuk upaya untuk memerdekakan hutan dari penjarah.

“Kita ingin hutan-hutan itu merdeka dari tangan-tangan penjarah yang tidak bertanggungjawab akan alam kita, yang tidak pernah mengerti apa fungsi dari hutan tersebut dan kita memerdekan hutan dari mereka-mereka yang tidak bersyukur akan manfaat yang telah diberikan oleh alam kita,” jelasnya.

Laila juga menambahkan bahwa setelah aksi ini Komunitas Lindungi Hutan berharap agar masyarakat memiliki kesadaran akan pentingnya Hutan.
 
Harapannya mereka bisa sadar akan pentingnya lingkungan akan pentingnya alam kita dan mereka mampu mengajak teman-teman yang lain untuk melakukan aksi-aksi berikutnya,” pungkasnya.  

Tidak berhenti sampai aksi ini, Komunitas Lindungi Hutan juga akan mengadakan aksi lanjutan sebagai bentuk follow up dari aksi sebelumnya, sekaligus sebagai wujud kesadaran akan pentingnya menjaga alam sekitar.

Reporter          : Wilujeng Nurani
Editor              : Umi Uswatun Hasanah

                 

No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.