Fasilitasi Jobseeker, IAIN Purwokerto adakan Job Fair


Acara Job Fair di GSC IAIN Purwokerto pada Kamis, 22/8/2019

Sebagai upaya pengembangan karir alumni, Pusat Pengembangan Psikologi & Pengembangan Karir (P4K) IAIN Purwokerto adakan Job Fair. Acara yang diselenggarakan di Gedung Student Center (GSC) IAIN Purwokerto, Kamis (22/8) ini selain mengadakan stand bursa kerja, adapula Talkshow dengan tiga alumni IAIN Purwokerto tahun 2019, yaitu Amelia Azka, S.Sos., Arum Irani S.Sos., dan Lina Dwi Purwanti S.Sos.

Acara yang dihadiri oleh 10 lembaga penyedia lowongan kerja ini cukup mendapatkan antusiasme para pencari kerja, tidak hanya alumni dari IAIN Purwokerto namun juga dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Amikom, serta lulusan SMA/sederajat. 

“Ya, pesannya mahasiswa agar bisa memanfaatkan, apa namanya, peluang-peluang yang ada. Karena ini pintu masuk dan kedepan kan tantangannya lebih besar untuk mahasiswa, semua mahasiswa, tidak hanya mahasiswa IAIN Purwokerto,” ungkapnya.

Kepala P4K IAIN Purwokerto sekaligus Ketua Panitia Job Fair, Dr. Henie Kurniawati, M.A.Psi menyampaikan bahwa acara Job Fair ini akan dilakukan secara periodik demi bisa membantu para Job Seeker. Di samping itu ia juga menyampaikan bahwa Job Fair ini telah bekerja sama dan didukung oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker). 

Selain itu, Henie juga menyampaikan harapannya setelah acara Job Fair ini para Job Seeker bisa mengenali potensi yang dimiliki, serta berpesan untuk selalu mencoba mencari peluang yang ada.
“Pesannya fokus, gali hal yang positif, kemudian punya visi pada karir ngga boleh takut mencoba, coba, coba, coba terus cv nya tonjolkan postif-positifnya, jangan berorientasi pada profit tapi berorientasi pada bagaimana menggali pengalaman,” jelasnya. 

Sedikitnya 10 lembaga penyedia lapangan kerja hadir dalam acara Job Fair kali ini. Lembaga tersebut yaitu BMT Elnada, Pringsewu Restaurant, LPA Putera Harapan, Sekolah Bina Anak Sholeh (BIAS), RITA Group, BRI Syari’ah, BUMN, PNPM Mekaar, OTO Group, dan Alfamart. 

Acara yang berlangsung pukul 07.30 – 15.30 WIB ini diisi berbagai Materi dari Dosen serta Talkshow dengan beberapa Narasumber. Selain Stand bursa kerja, adapula stand beasiswa LPDP dan Konsultasi Psikologi dengan Dosen Bimbingan Konseling Islam, Nur Azizah, S.Sos.I, M.Si.

Menurut Nur Azizah dalam konselingnya, kebanyakan pencari kerja bingung menentukan karir dan pengambilan keputusan. Ia melihat para pencari kerja cukup antusias dengan diadakannya Job Fair ini, begitupula dengan banyaknya pencari kerja yang melakukan konsultasi. 

“Masih perlu dikembangkan lagi jumlah lembaga yang ikut dan juga memaksimalkan media sosial. Meskipun (Job Fair) ini adalah program baru dengan persiapan yang tidak lama, namun berhasil sukses menghadirkan 10 lembaga,” tutupnya.

Reporter          : Alvin Hidayat
Editor              : Wilujeng Nurani

No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.