Rangkul Komunitas, BPPD Kabupaten Purbalingga Gelar Kegiatan Gubug Pintar

Antusias Anak-Anak Dalam Kegiatan Gubug Pintar (23/02/2020)

LPM Saka, Purbalingga – Sebagai bentuk upaya memberikan edukasi dan motivasi kepada anak dalam meraih cita-cita, Badan Penggerak Pemuda Daerah (BPPD) Kabupaten Purbalingga rangkul komunitas adakan kegiatan Gubug Pintar X. Bertempat di Balai Desa Karangtengah, Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga, Minggu (23/02/2020).

Ketua pelaksana Gubug Pintar X, Irfan Faizul Haq mengatakan, kegiatan gubug pintar bertujuan untuk memberikan motivasi kepada anak-anak dalam meraih cita-cita. Kami berharap, nantinya mereka memiliki semangat belajar yang tinggi.

“Kegiatan ini juga memberikan edukasi tentang berbagai macam profesi,” ungkapnya.

Komunitas yang tergabung dalam kegiatan Gubug Pintar X merupakan komunitas yang bergerak di bidang Pendidikan dan Pemuda. Diantanya, Forum Komunikasi Mahasiswa Purbalingga (Fosispura), Komunitas Generasi Berencana (GenRe), Komunitas Juru Kesehatan Remaja (Juara), Komunitas Radio Star, LPM Saka IAIN Purwokerto, dan Karangtaruna desa Karangtengah.

Peserta kegiatan berasal dari dua sekolah, yakni SD Negeri 1 Karangtengah dan MI Muhammadiyah 01 Karangtengah ini dibagi ke dalam 10 kelompok.  Peserta diajak berkeliling mencari pos untuk mendapatkan materi, tiap pos terdiri dari berbagai kelas profesi dan kemudian mengenalkannya kepada adik-adik.

Sementara itu, Wakil Ketua BPPD, Pipit Afrilia Nur Wahidah mengungkapkan. Kegiatan ini merupakan program tahunannya BPPD. Lokasi kita pilih desa-desa yang berada di pelosok dan  masih ada Anak Usia Sekolah Tidak Sekolah.
Foto Bersama BPPD Kabupaten Purbalingga Bersama Komunitas 

“Tujuannya membangun motivasi dan minat belajar siswa untuk mencapai cita-citanya. Maka dari itu kita memperkenalkan profesi-profesi kepada mereka dengan menggunakan alat peraga supaya minat mereka juga tinggi,” ungkapnya.

Menanggapi kegiatan tersebut, Sekretaris Komunitas Juara, Dina menuturkan, usia sekolah dasar merupakan masa-masa dimana berani untuk bermimpi tanpa memandang siapa dirinya. Tidak jarang di usia ini anak-anak masih bingung menentukan cita-citanya.

“Hadirnya Gubug Pintar di tengah-tengah mereka sangat cocok untuk memberikan gambaran macam-macam profesi. Semoga dari kegiatan ini adik-adik semakin semangat belajar, berpendidikan tinggi, dan meraih mimpi-mimpinya,” ujarnya.

Dalam kegiatan Gubug Pintar X ini ditampilkan juga musik bambu kreatif  tradisional Brayan Musik dari grup Kentongan Pemuda Desa Karangtengah seraya menutup kegiatan dengan pelepasan balon yang bertempelkan kertas berisi cita-cita para peserta.


Reporter : Lili Khoeriyah & Ulfatul Khoolidah
Editor     : Wahid Fahrur Annas

No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.