Potret Kenormalan Baru Perpustakaan IAIN Purwokerto

Perpustakaan IAIN Purwokerto Terapkan New Normal (Dok : Perpustakaan IAIN Purwokerto)

LPM Saka, Purwokerto – Perpustakaan IAIN Purwokerto sudah mulai dibuka kembali sejak Senin (8/6/2020). Layanan peminjaman dan pengembalian buku dibuka dengan menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19.

Disampaikan dalam surat edaran tentang Sistem Pelayanan UPT Perpustakaan Normal Baru bahwa pengunjung yang akan meminjam buku di ruang koleksi hanya dibatasi sebanyak 10 orang dan dibatasi 30 menit. Kunjungan hanya diperbolehkan teruntuk civitas akademika IAIN Purwokerto.

Jaga jarak bagi para pengunjung Perpustakaan IAIN Purwokerto

Sementara untuk ruang tendon, bookless library, dan ruang referensi masih ditutup. Adapun syarat yang yang harus dipatuhi seperti mencuci tangan, wajib menggunakan masker, menjaga jarak  dan membawa alat tulis sendiri.

Situasi ruang koleksi peminjaman buku saat New Normal

Perpustakaan IAIN Purwokerto juga menyiapkan hand sanitizer bagi para pengunjung. Kemudian pada layanan peminjaman buku dibatasi plastik besar sesuai anjuran protokol kesehatan. 
“Untuk mahasiswa yang mengantre harus berdiri di atas garis hitam yang sudah disiapkan. Hal itu guna menjaga jarak antar pengunjung,” jelas Yulika petugas perpustakaan.

Pembatas bagi para pengunjung

Sementara itu, terkait denda peminjaman buku tidak terhitung sejak tanggal 17 maret hingga saat ini. “Jadi jangan panik, denda tidak dihitung sampai batas waktu yang belum ditentukan, kami masih menunggu surat edaran selanjutnya,” jelasnya.

Ia menambahkan, namun bagi para peminjam buku yang berada di Purwokerto dan wilayah yang terjangkau sudah bisa mengembalikannya. “Kami sarankan untuk bisa mengembalikan buku, agar nantinya buku tidak hilang atau rusak,” pungkasnya.

Reporter : Wahid Fahrur Annas
Editor : Umi Uswatun Hasanah

No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.