Fakultas Dakwah UIN SAIZU Menjadi Tuan Rumah FORDAKOM PTKI Se-Indonesia

Forum Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi PTKI Se-Indonesia di Java Heritage Purwokerto (23-25/9/21)

 

LPM Saka, Purwokerto – Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Prof. K. H. Saifuddin Zuhri (UIN SAIZU) menjadi tuan rumah Forum Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FORDAKOM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Se-Indonesia. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Hotel Java Heritage Purwokerto pada 23-25 September 2021. Sebanyak 65 delegasi Dekan Fakultas Dakwah dari 24 lembaga dan instansi hadir pada forum tersebut.

 

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Dakwah Prof. Abdul Basit mengungkapkan, pertemuan ini memiliki 3 agenda besar.

 

“3 agenda besar yaitu menindak lanjuti kepengurusan Forum Dekan, membahas terkait isu yang berkembang di lingkungan fakultas dakwah dan gerakan dakwah di Indonesia, dan peningkatan kompetensi kelulusan dari mahasiswa fakultas dakwah dan komunikasi terkait dengan sertifikasi profesi,” ungkap Abdul Basit.

 

Dekan Fakultas Dakwah UIN Saizu Prof. Abdul Basit memberikan sambutan. (Foto : Dok. Pribadi)

 

Pertemuan yang diadakan UIN Saizu tersebut merupakan lanjutan dari pertemuan forum dekan sebelumnya di UIN Raden Fatah Palembang pada bulan Maret lalu (15/03/2021).

 

Ketua Forum Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Suparto menjelaskan pentingnya Forum Dekanat untuk menghadapi tantangan akreditasi 4.0 yang bernuansa internasiolisasi.

 

“Forum akan menjadi penting untuk menguatkan kelembagaan kita karena persoalan-persoalan di seluruh fakultas dakwah yang ada. Kita sama-sama sharing penguatan lembaga dan persoalan-persoalan yang kita hadapi,” jelas Suparto yang juga menjabat sebagai Dekan UIN Jakarta.

 

Rektor UIN Saizu Moh. Roqib menuturkan, Fordakom merupakan kegiatan rutin bagi pimpinan.

 

“Pada kesempatan ini kita melakukan kegiatan rutin sebagai pimpinan yang diberikan mandat khususnya di bidang dakwah dan komunikasi”

Beliau juga menambahkan, dalam pengembangan dakwah dan komunikasi sangat penting melakukan kombinasi antara teori dan konsep praktek di lapangan.

 

“Antara konsep dan teori ini bisa menyambungkan kemitraan terhadap lembaga-lembaga yang sudah bagus, pendampingan terhadap lembaga yang belum bagus atau masih rentan dan  menjalin kepada lembaga yang memiliki pengalaman serta wawasan baru,” terang Moh. Roqib.

 

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik UIN Syarif Hidayatullah Nafsiyah, salah satu peserta Fordakom berharap agar semua program dan agenda dapat terwujud.

 

“Saya berharap semua program dapat terwujud, Seluruh dekan semakin solid, sinergis, dan dengan bersama kita tidak hanya maju tapi berdakwah dalam konteks masyarakat yang sekarang ini di area virtual yang sangat luas ini,” tutup Nafsiyah saat ditemui LPM Saka.

 

 

Reporter    : Frisca Oktaviani dan Pandika Adi Putra

Editor        : Ulfatul Khoolidah

Post a Comment

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Previous Post Next Post