Seminar PGMI: Ibadah Perspektif Ulama Salaf dan Kontemporer

Foto Kegiatan Seminar Praktikum Ibadah (Dok. LPM Saka)


Purwokerto, LPM Saka – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Universitas Islam Negeri (UIN) Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto menyelenggarakan Seminar Praktikum Ibadah pada Jumat, (16/12/2022) di Gedung Student Centre. Seminar ini menjadi output dari pembelajaran mata kuliah praktikum Ibadah.


Seminar bertajuk “Praktikum Ibadah dalam Perspektif Ulama Salaf dan Kontemporer” dihadiri oleh 144 mahasiswa PGMI semester 5, dari kelas A, B dan C, sebagai ganti untuk perkulaiahan ke-15.


Pelaksanaan acara dimulai pukul 08.00, diawali dengan sambutan oleh Wakil Dekan 1 bidang akademik, Dr. Suparjo, M.A. sekaligus membuka seminar secara resmi.


Rahman Afandi yang menjadi dosen pengampu sekaligus bertindak sebagai moderator seminar menyampaikan bahwa seminar ini menjadi momentum untuk Mahasiswa mengulas materi yang telah dipelajari.


“Tujuannya mereka mampu mengelola atau menjadi pemateri pada acara seminar dengan level yang lebih tinggi, dan obsesi saya yaitu makalah tidak hanya digunakan sebagai pemenuhan tugas semata, syukur-syukur bisa publish di jurnal,” Jelas Rahman.


Hal yang menarik pada kegiatan ini adalah para mahasiswa yang ditunjuk sebagai pemateri. Tiga pemateri seminar praktikum ibadah yaitu, Robingatun Khoerul Nis (PGMI C) memaparkan materi wudhu dan tayamum, Rofi Nur Azizah (PGMI B) mamaparkan materi praktik solat fardu empat mazhab, dan Farikhatul Maulida (PGMI A) memaparakan materi pengelolahan zakat.


Alaik Masykur, Ketua panitia acara seminar mengungkapkan bahwa waktu yang singkat guna persiapan acara bukan menjadi penghalang. 


“Dalam waktu setengah bulan kami mempersiapkan acara ini, hambatan yang kami alami ialah beberapa rapat yang bertabrakan dengan acara PGMI yang lain dan tadi pagi telat membuka GSC sehingga acaranya agak munduran,” Tutur Masykur.


Nyanyian religi mengiringi sela-sela pemaparan materi yang menjadikan ciri khas dan berbeda dengan acara seminar pada umumnya. Seminar tersebut sukses dilaksanakan dengan persiapan yang sigap dari panitia.


“Semoga dengan diadakannya seminar ini dapat menjadikan mahasiswa semester 5 PGMI memberikan manfaat bagi sekitarnya dengan sharing-sharing ilmu yang telah mereka peroleh,” Harap Masykur. 


Reporter: Windi Utari

Editor: Jamine Azzahara 

Post a Comment

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Previous Post Next Post