Tiga Program Studi Umum Resmi Hadir Di UIN Saizu

Ilustrator : Aolia Inas Sabira


Purwokerto,LPM SAKA – Usai melewati berbagai tahapan, Universitas Islam Negeri (UIN) Prof. K. H. Saifuddin Zuhri resmi menambah tiga program studi baru yakni Arsitektur, Teknik Informatika serta Perpustakaan dan Sains Informasi. Hal itu disampaikan Warek 1, Dr. Fauzi M.Ag. setelah diwawancarai pada Kamis, (8/12/22).


Dalam pemaparannya, warek 1 mengungkapkan bahwa program studi yang baru akan dibuka untuk mahasiswa baru di tahun ajaran 2023/2024 mendatang.


”Tiga prodi tersebut rencananya akan dijalankan untuk mulai menerima mahasiswa baru pada 2023 mendatang”, ungkapnya saat ditemui di Ruang Warek I.


Fauzi menjelaskan faktor yang membuat UIN Saizu membuka prodi baru adalah karena syarat-syarat untuk membuka prodi baru sudah terpenuhi dan sebagai bukti bahwa kita sudah bertransformasi menjadi UIN.


“Sudah terpenuhinya persyaratan SDM, adanya kepentingan pasar, kepentingan perkembangan kampus dan juga adanya dosen yang memenuhi kriteria disetiap prodinya menjadikan faktor UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto membuka 3 prodi baru tersebut”, tambah Guru besar Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.


Program studi baru ini akan bergabung ke fakultas yang memiliki relevansi terhadap pembelajaran prodi baru ini, dan belum membuka fakultas baru.


“Pihak UPPS (Unit Pengelola Program Studi) membahas belum ada fakultas secara khusus sehingga nantinya tempat berhimpunnya prodi baru akan ditempatkan di Fakultas yang sudah ada”, jelas Fauzi.


Foto Warek 1, Prof Dr. Fauzi,M.Ag usai diwawancarai 


Fauzi menjelaskan lebih jauh terkait fakultas yang memiliki keterkaitan dengan prodi baru yang sementara akan bergabung dengan fakultas yang sudah ada.


“Dalam rencana UPPS Prodi Informatika akan dimasukan dalam Fakultas dakwah (FAKDA), sedangkan prodi perpustakaan dan Sains Informasi termasuk dalam fakultas Ushuludin dan Adab Humaniora (FUAH, namun fakultas Arsitektur tersendiri belum bisa dipastikan karena membahas terapan desain”, tuturnya.


Akses pendaftaran prodi baru ini nantinya akan diperluas, tidak hanya melalui jalur SPAN-PTKIN, tetapi akan diupayakan akses registrasi untuk Mahasiswa baru.


“Kedepannya sedang diusahakan pendaftaran perkuliahan untuk memasuki prodi baru ini tidak hanya melalui akses jalur SPAN PTKIN, tetapi dapat diakses juga melalui jalur SNBT dan juga SNBP juka terdapa peluang. Namun untuk saat ini yang paling pasti adalah melalui akses jalur SPAN PTKIN”, pungkas Fauzi.


Reporter : Jasmine Azzahra, Windy Utari

Editor : Pandika Adi Putra

 

Post a Comment

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Previous Post Next Post