Rahasia Ampuh Fasih Berbahasa Inggris Sehari-hari ala Hamza Abdumalk

 

(Sesi pemaparan cara cepat dalam berbahasa Inggris pada acara Effective Communication English, Selasa, 06 Juni 2023)


Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris menjadi salah satu hal yang wajib dikuasai di zaman ini. Dimana kemampuan dalam berbahasa Inggris memiliki peranan yang krusial dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, pada bidang akademik bahasa inggris menjadi salah satu mata pelajaran atau mata kuliah yang wajib ada agar ketika lulus dapat menunjang karir dari mahasiswa.


Hamzah Abdulmalk Hasan Sallam yang menjadi salah satu native speaker dari Arab Saudi dalam kuliah terbuka bertema "Effective Communication English" memberikan beberapa tips kepada mahasiswa 6 KPI A, B dan E agar lebih mudah dalam melafalkan bahasa inggris sehari-hari. Untuk mengembangkan bahasa Inggris berikut adalah rahasianya :


1.         Belajar seru dengan mendengarkan lagu

Rahasia pertama yang dibagikan oleh Hamza adalah mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Dimana dengan mendengarkan lagu berbahasa asing ini dapat dilakukan dalam kegiatan sehari-hari. Selain mengurangi stress, lagu juga berfungsi untuk meningkatkan IQ, membantu proses belajar dan memperjelas memori. Ada berbagai platform yang menyajikan lagu-lagu berbahasa Inggris yang bisa kamu gunakan. Selain itu, dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris, kamu akan mendapatkan banyak kosa kata, mempermudah dalam menghafal dan mengucapkan pelafalannya.


2.         Ngobrol santai menggunakan bahasa Inggris

Cara yang kedua, kamu bisa mengawali berlatih bahasa inggris dengan berbicara. Hal ini dapat kamu lakukan dengan teman atau melakukannya di depan cermin. Kamu tidak perlu merasa takut atau cemas grammar yang kamu gunakan salah, karena yang dibutuhkan dalam berbicara bahasa asing adalah kepercayaan diri. Dengan begitu, saat kamu terbiasa mengucapkan bahasa inggris, kamu juga akan lebih mudah untuk memahami grammarnya. Selain itu, saat kamu berbicara dengan temanmu, kamu akan mengetahui kekuranganmu dan memperbaikinya sehingga fasih dalam berbahasa Inggris.


3.         Menulis dan membaca

Selanjutnya adalah menulis dan membaca agar mendapatkan lebih banyak kosakata bahasa Inggris. Membaca merupakan salah satu cara ampuh untuk menggapainya. Kamu bisa melakukannya dengan membaca buku, novel atau surat kabar berbahasa Inggris untuk menambah kosa kata bahasa Inggris agar dapat berbicara dengan lancar. Kamu juga perlu berlatih menulis kosakata agar mengetahui pelafalan yang benar sesuai dengan ejaan. Dengan membaca dan menulis juga akan lebih mudah untuk kamu mengingat kosa kata.


Agar maksimal dan efektif dalam berbahasa inggris, pilih cara yang kamu sukai dan lakukan secara konsisten ya. Jangan lupa untuk terus berlatih agar kamu dapat mengembangkan kemampuan dalam berbahasa Inggris. Semoga bermanfaat ya!

 

 

Penulis : Jasmine Azzahra

Editor : Zahrotul Mawaddah 

 






Post a Comment

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Previous Post Next Post