HMPS Persiapan Informatika Gelar Seminar Perdana, Bagaimana Kegiatannya?



(Seminar Teknologi yang diselenggarakan oleh HMPS Persiapan Informatika UIN Saizu Purwokerto pada Sabtu, 18/05/2024. (Dok. Panitia)

Purwokerto, LPM SAKA – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Informatika Universitas Islam Negeri (UIN) Saifuddin Zuhri Purwokerto sukses menggelar seminar teknologi pada Sabtu, (18/05/2024) bertajuk "Pentingnya Cyber Security dan Mengoptimalkan Diri dalam Karier Informatika”. Kegiatan ini menjadi langkah awal HMPS Informatika dalam memberikan wawasan dan inspirasi bagi mahasiswa terkait pentingnya cyber security serta prospek karier dalam bidang informatika.

Tema tersebut diusung lantaran program studi Informatika merupakan program studi baru, sehingga masih banyak mahasiswa yang merasa kebingungan terkait prospek kerja di masa mendatang. Terdapat dua narasumber yang memeriahkan seminar pertama dari HMPS Informatika ini. 

Bertindak sebagai pembicara pertama, Akademisi, Mukhlis mengungkapkan urgensi kesadaran dalam dunia digital. Melalui cyber security, masyarakat sudah sepantasnya dapat menjaga informasi pribadi agar terhindar dari tindak kriminal secara digital. 

"Contoh kecil yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari salah satunya adalah ketika hendak mengunduh aplikasi, kita harus cek jejak digital dan keamanan perizininannya. Setidaknya, hal tersebut bila dilakukan mampu sedikit menjaga privasi kita," jelasnya. 

Sementara itu, CEO PT. Nemolab Nusa Infomedia, Pri Anton Subardio membantu peserta seminar untuk lebih mengenal diri sendiri. Ia berpesan terhadap peserta untuk senantiasa mencoba hal baru, meningkatkan kemampuan dan membagikan ilmu yang telah didapat. 


(Serangkaian acara Seminar Teknologi yang diselenggarakan oleh HMPS Persiapan Informatika UIN Saizu Purwokerto pada Sabtu, 18/05/2024. (Dok. Panitia)

Niamilah Nabil Syahputra selaku ketua pelaksana menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi para mahasiswa, khususnya program studi informatika agar mengenali  prospek kerja di bidang informatika dan memahami pentingnya cyber security.

Cyber security telah menjadi isu yang semakin mendesak di era digital saat ini, dimana berbagai aspek kehidupan itu bergantung pada sistem dan jaringan komputer. Ancaman seperti malware, phishing, dan hacking terus berkembang, menimbulkan risiko besar bagi individu, kelompok, organisasi, maupun negara.” Ujarnya.

Dengan demikian, seminar teknologi yang diinisiasi oleh HMPS Informatika UIN Saizu tidak hanya menjadi wadah untuk berbagi pengetahuan dan wawasan, tetapi juga sebagai langkah awal dalam menginspirasi dan memberdayakan mahasiswa informatika untuk memahami pentingnya cyber security dan mengoptimalkan potensi karier di bidang informatika.

“Persiapan yang telah dilakukan dengan matang selama kurang lebih 2 bulan tentu saja tidak terlepas dari kendala-kendala yang dihadapi dalam proses persiapan. Namun, kesuksesan acara ini membuktikan semangat dan dedikasi dari panitia yang terlibat.” Ucap Niam. 




Reporter: Redita Suci
Penulis: Amanta Fatia Salma
Editor: Syakira Alya

Post a Comment

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Previous Post Next Post