MAPTA II 2015: Wajah Baru Komunitas Jurnalistik

Komunitas Jurnalistik Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto kembali membuka rectruitmen anggota baru. Hal ini tidak lain, yakni memberikan kesempatan bagi mahasiswa baru pada khususnya yang ingin berkiprah lebih mendalam dalam bidang kepenulisan.

Masa Penerimaan Anggota II (MAPTA II) Komunitas Jurnalistik, merupakan serangkaian acara yang dilaksanakan di Purwokerto dan Baturaden pada Minggu (8/11). Pembukaaan sekaligus pembekalan kepada peserta dilakukan di laboratorium Dakwah IAIN Purwokerto. Dihadiri Kepala Laboratorium Dakwah, Arsam M.S.I, dan pimpinan redaksi buletin Suara IAIN Purwokerto, Noval Irmawan.

“Dengan tema  Creating Your Self  To Be a Writer diharapkan penulis kembali kepada jati dirinya.”  tutur Anggita, Ketua Panitia MAPTA II Komunitas Jurnalistik. Hal ini selaras dengan yang diungkapkan oleh Bapak Arsam dalam sambutannya, bahwa pada kenyataannya sekarang penulis sudah kehilangan jati dirinya. Kebanyakan dari media tulis sekarang lebih condong kepada pesanan dari si pemiliki media, baik itu media elektronik atau pun media cetak.

Arsam juga mengungkapkan kebanggaannya pada Komunitas Jurnalistik yang merupakan komunitas terbaik di Fakultas Dakwah dalam satu periode ini. Dimana dalam perjalanannya merupakan komunitas yang paling produktif.

Selain itu, MAPTA kali ini, mencoba menampilkan sesuatu yang baru, dimulai dari pelaksanaan yang dilakukan di luar ruangan, dan yang menarik, tahun ini Komunitas Jurnalisrik tidak hanya memberi kesempatan untuk mahasiswa Fakultas Dakwah saja, akan tetapi juga menerima dari Fakultas lain yang ingin bergabung, menimbang dari antusias mereka.

Dalam pelaksanaannya, peserta diberikan kesempatan untuk terjun langsung dalam proses pencarian materi lapangan. Mereka diberikan kebebasan dalam memilih objek yang akan diwawancarai. Dan kemudian dari situlah mereka dilatih untuk menyajikan berita secara langsung dalam bentuk tulisan.

“Saya berharap, bergabung dalam Komunitas Jurnalistik ini dapat menambah ilmu dan keterampilan dalam bidang  kepenulisan, dan benar-benar menjadi wadah bagi mahasiswa yang berbakat dalam kepenulisan.” ungkap salah seorang peserta. [Asri]

No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.