Mengenal dan Berlatih Menjadi Broadcaster


Purwokerto - Komunitas Radio STAR FM 107.7 IAIN Purwokerto merupakan wadah bagi mereka mahasiswa Fakultas Dakwah yang memiliki minat dalam bidang kepenyiaran. Melalui komunitas ini, mahasiswa dapat berlatih menjadi penyiar yang professional dan diharapkan nantinya mampu bersaing dalam dunia industri elektronik, radio khususnya.

Sebanyak 70 orang mahasiswa IAIN Purwokerto menjadi peserta Workshop Kepenyiaran yang diadakan oleh Komunitas Radio STAR FM IAIN Purwokerto (06/10). Acara ini berlangsung di Laboratorium Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto dan studio Radio STAR FM IAIN Purwokerto.

”Tema untuk workshop kepenyiaran ini yaitu Come to Know and Come To Be A Great Radio Broadcaster. Makna yang terkandung dalam tema ini, agar mahasiswa Fakultas Dakwah terutama mahasiswa Komunikasi dan Kepenyiaran Islam IAIN Purwokerto mengenal apa itu radio dan mampu mengasah soft skill mereka dalam bidang kepenyiaran.”, ungkap Nurhidayatul Khasanah, ketua panitia Workshop Kepenyiaran.

Untuk session pertama, Peserta mendapatkan materi dasar-dasar kepenyiaran yang di berikan oleh Yanuar Adi Arifianto. Pemateri yang merupakan praktisi radio dari LPP RRI Purwokerto. Session yang kedua, peserta dibagi dalam beberapa kelompok, kemudian tiap kelompok membuat script siaran dan praktik langsung di studio STAR FM. Diadakan juga penilaian untuk memilih kelompok terbaik yang akan dinobatkan sebagai juara, tambah Nur.

Dalam sambutannya, Indri, General Manajer Komunitas Radio STAR FM IAIN Purwokerto, “Dalam hal ini, Radio STAR FM diharapkan selalu menjadi penyampai pesan dan informasi yang berimbang dan bermanfaat bagi mahasiswa Dakwah khususnya dan mahasiswa IAIN Purwokerto pada umumnya. Mampu mendukung kemampuan akademik mahasiswa Komunikasi dan Kepenyiaran Islam dalam mata kuliah Praktik Produksi Radio.”

Indri menambahkan, “Melalui kegiatan ini, kami dapat menemukan bibit-bibit penyiar yang siap ditempa untuk menjadi penyiar yang berkompeten serta mampu menjaga eksistensi komunitas ini yang telah bertahan selama hampir 12 tahun”.

Menurut penuturan Izqi, salah satu peserta workshop, kegiatan ini sangat menyenangkan. “Workhsopnya sangat menyenangkan. Karena dari dulu pengin banget jadi penyiar. Saya seneng banget juga karena kelompok saya menjadi salah satu juara.  [Indri]

No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.