Laman Berita lpmsaka.id Telah Dilaunching

 foto by : Nani Setiani

Purwokerto, Lpmsaka.id – “Awal yang baik untuk memulai sesuatu yang panjang," seperti itulah tanggapan wartawan Kompas, Wili Brordus Megandika Wicaksono, saat menghadiri launching laman berita lpmsaka.id pada Sabtu (24/11) di Gedung E2, Fakultas Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.

Launchig laman berita lpmsaka.id diawali dengan pemotongan tumpeng oleh Wakil Dekan III, Dr. Najib. M. Hum, sebagai bentuk simbolik peresmian laman lpmsaka.id. Launching juga dihadiri oleh seluruh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) kampus se-Purwokerto, Lembaga Kemahasiswaan, dan beberapa Komunitas Fakultas Dakwah. Sebelumnya laman berita tersebut belum diresmikan, akan tetapi sudah dikenal dan diakses selama lima tahun lamanya dan menjadi laman berita yang diakui secara nasional.

Tidak hanya sekedar launching, acara dilanjutkan dengan Ngaji Aksara yang bertemakan  "Penulisan Artikel Populer"  bersama dua pemateri yakni Wilibrordus Megandika Wicaksono, wartawan Kompas dan Rudal Afgani, wartawan Satelit Post yang juga merangkap sebagai ketua  Aliansi Jurnalistik Indenpenden (AJI) wilayah Purwokerto. Ngaji Aksara tersebut dikenalkan kepada seluruh jurnalis LPM SAKA dan jurnalis magang LPM SAKA agar mereka lebih kenal dan paham cara menulis artikel bergaya populer yang sedang sering digunakan di era sekarang.

Di dalam ngaji aksara, Dika dan Rudal juga memberikan motivasi yang memberikan efek positif terhadap para jurnalis muda supaya tetap semangat untuk berproses di bidang jurnalistik melalui wadah yang tersedia di masing-masing kampus. "Manfaatkanlah, karena hal ini adalah kesempatan langka dan menjadi langkah awal yang baik dalam berekspresi, menuangkan ide-ide, dan berlatih secara optimal untuk menuju sesuatu yang panjang," ujar Megandika.


Salah satu jurnalis muda Aulia, wartawan LPM Obsesi juga menanggapai Ngaji Aksara tersebut. Menurutnya, acara terebut sangat bermanfaat, selain mengetahui pentingnya tulis menulis, juaga bisa memberitahukan cara penulisan artikel populer. "Kalau webnya bagus kok, serius.  Tatanan sama judul-judulnya udah keren, trus juga udah ada pengelompokan seperti feature sendiri,  sastra sendiri,  yang satu jenis tulisan gitu," ujarnya.

Sedangkan menurut Megandika, ”Secara tampilan sudah oke, dan dari konten mungkin cuma perlu diperkaya ragam tulisanya serta headline usahakan jangan monoton, harus lebih kena apa yang penting pada berita tersebut”. Lalu menurut Rudal Afgani, desain portal sudah oke, konten kalo bisa pakai style yang khas, dan juga laman beritanya sebisa mungkin lebih disesuaikan dengan aturan media online pada dewan pers.

Harapan ke depan dengan adanya ngaji aksara yang bertemakan penulisan artikel populer dan launching laman lpmsaka.id, para jurnalis LPM SAKA mengenal dan mampu mengembangkan kepenulisan artikel populer serta wartawan LPM SAKA bisa menambah skill kepenulisanya dari hard news merambah ke soft news hingga terus meningkat dalam segi gaya bahasanya.

Reporter              : Dayat
Editor                    : Aji




1 comment:

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.