Jelang PIONIR IX di Malang, Kontingen IAIN Purwokerto Lakukan Persiapan



Purwokerto, LPM Saka – Pekan Ilimiah, Olahraga, Seni dan Riset (PIONIR) menjadi salah satu ajang bergengsi di kalangan Perguruan Tinggi Keislaman Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia. Pasalnya, ajang tersebut dilaksanakan secara multi-event dua tahun sekali. Menurut jadwal, PIONIR ke IX akan digelar di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada 15-21 Juli 2019 mendatang. Untuk menghadapi ajang tersebut, porsi latihan kontingen cabang olaharaga IAIN Purwokerto menjadi lebih padat. 

“Pada hari-hari biasa latihan hanya seminggu dua kali. Namun, untuk event PIONIR ini latihan ditambah menjadi empat kali dalam sepekan demi persiapan dan pematangan jelang event ini,” ujar Ketua Unit Kegiatan Mahasiwa Olahraga Aris Yulianto saat ditemui di Gedung UKM pada Sabtu (22/06/2019).

Tidak hanya itu, cabang olah raga tenis meja juga latihannya akan dipadatkan menjadi seriap hari. Selanjutnya, tambah Aris, beberapa minggu ke depan UKM Olaharaga akan melaksanakan pertandingan uji coba. Ia juga mengungkapkan, UKM Olahraga menargetkan untuk mendapat medali di berbagai cabang olahraga yang diikuti.

“Kami tetap berusaha dapat mendulang medali di berbagai cabang olahraga yang kami ikuti, dan kebutuhan atlet selama disana dapat terpenuhi sehingga bisa fokus ke pertandingan, semoga kami bisa memberikan penampilan yang maksimal,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. H. Sulkhan Chakim S.Ag., MM mengungkapkan ada tiga hal yang penting dalam berkompetisi, yakni pola pikir, sikap dan perilaku. Dalam ajang ini, ia juga berpesan kepada mahasiswa agar bisa mengoptimalkan bakat dan kemampuan yang dimiliki serta bersikap optimis.    

“Harapannya anak-anak bisa optimis, harus menjunjung tinggi sportifitas dalam bertanding dan targetnya semoga dapat mendulang medali emas. Kami akan tetap mengusahakan untuk memberi apresiasi  terhadap anak yang berhasil mendapatkan medali emas,” ujar Dr. H. Sulkhan Chakim S.Ag., MM saat ditemui di Ruang Warek III pada Rabu (26/6/2019) pagi.

Cabang olahraga yang akan bertanding di ajang PIONIR antara lain: futsal, volly, bulutangkis, catur, tenis meja, pencak silat, panjat dinding, karate dan taekwondo. Diperkirakan 40 atlet serta Official dan pelatih akan diberangkatkan. Menurut jadwal, seluruh atlet akan diberangkatkan pada tanggal 13 Juli 2019 dan menginap di Asrama Mahasiswa UIN Malang.

Reporter          : Wahid Fahrur Annas
Editor              : Umi Uswatun Hasanah
Foto                 : UKM Olahraga IAIN Purwokerto

No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.