1.254 Calon Jemaah Haji Banyumas Diberangkatan

Foto: kerabat keluarga mengantar calon jemaah haji.

Sebanyak 1.254 calon jemaah haji (calhaj) Kabupaten Banyumas yang dibagi dalam beberapa kelompok terbang (kloter) diberangkatkan oleh Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastianto di Pendopo Sekretariat Daerah Kabupaten Banyumas. Mereka berangkat menuju Asrama Haji Donohudan Boyolali untuk selanjutnya diterbangkan ke Makkah Al-Mukaromah.

Sebelum diberangkatkan, calhaj ditutuntut untuk mempersiapkan segala sesuatu yang akan menunjang ibadah hajinya di tanah suci. Seperti pengakuan salah satu calhaj asal Tambaksogra, Titin Ambarwati yang telah mempersiapkan berbagai ilmu tentang ibadah haji.

“Yang jelas niat dari hati yang ikhlas, kesehatan, ilmu. Itu memang harus yang dibutuhkan oleh setiap jemaah haji, tentu saja dengan keluarga yang ditinggalkan tidak merasa kekurangan,” ungkapnya saat dihubungi pada Jumat (26/07/2019).

Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, Imam Hidayat menyampaikan calhaj Banyumas 2019  berjumlah 1.254. Tergabung dalam lima kloter, yaitu kloter 67, 68, 69, 70 dan 96 atau kloter sapu jagad. 

Saat melepas para calhaj, Wakil Bupati Banyumas Sadewo menyampaikan ucapan selamat atas kesempatan yang mereka, lantaran dapat untuk menunaikan ibadah haji di tanah suci. Selain itu, ia juga berharap semoga perjalanannya diberi kelancaran serta menjadi haji yang mabrur.

Selain Sadewo yang menyampaikan harapannya untuk para calhaj. Harapan lain juga datang dari para pengantar calhaj, salah satunya seperti Wardiyoni. Ia berharap setelah istrinya pulang nanti, semoga istrinya dapat beribadah dengan lebih baik lagi serta bisa memberi contoh yang baik untuk masyarakat. 

“Ya setelah haji, mudah-mudahan dapat haji yang mabrur. Bisa beribadahnya lebih giat kemudian sikapnya lebih baik ditengah-tengah masyarakat dan keluarga itu bisa sikapnya menunjukan bahwa sudah melaksanakan ibadah haji,” jelasnya.

Dari calhaj yang berangkat, tercatat peserta dengan usia tertua adalah Samsudi Alsudi (91) asal Rawalo. Sedangkan calhaj termuda yaitu Asyam Haidar Fatin (19) asal Purwokerto Selatan.

Reporter: Wilujeng Nurani
Editor    : Umi Uswatun Hasanah
Foto       : Ajeng Naila

No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.