Pilkades Desa Baseh Dijaga Ketat oleh Aparat

Pemilihan Kepala Desa desa Baseh pada Selasa (23/07/2019)


Pasca Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada Selasa (23/07/2019) lalu, Kantor Balai Desa Baseh Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas masih dijaga ketat oleh Aparat Kepolisian sampai Sabtu (27/07/2019). Hal tersebut terjadi karena antar pendukung kandidat kepala desa (kades) Baseh mengalami ketegangan.

Dalam Pilkades Desa Baseh, tercatat ada tiga kandidat kepala desa (kades). Ketiganya adalah, Amin Fauzan nomor urut 01 dengan perolehan suara 919, Suparlan nomor urut 02 memperoleh 749 suara dan Bandu Sucipto nomor urut 03 dengan 917 suara.

Perolehan hasil suara nomor urut 01 dengan 03 tersebut yang memicu ketegangan. Pasalnya hanya selisih dua angka. Namun, Camat Kedungbanteng Ami Witasari memaklumi bahwa adanya gesekan antara pendukung pasti memang selalu ada dan ini merupakan suatu hal yang biasa. Meski begitu, ia menyampaikan proses Pilkades di Desa Baseh tetap berjalan aman.

Sama halnya dengan Ami, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Baseh, Hambali juga mengaku bahwa proses Pilkades yang telah berlangsung sama sekali tidak mengandung unsur pelanggaran.

“Jadi, panitia Pilkades Desa Baseh telah berjalan sesuai dengan prosedur menurut sesuai aturan kami selaku BPD telah mengawasi. Walaupun ada kejadian-kejadian di luar daripada yang ada saat ini, saya sendiri kurang begitu tahu dan itupun bukan termasuk pelanggaran-pelanggaran Pilkades,” ungkapnya saat ditemui reporter LPM Saka  pada Sabtu, (27/07/2019).

Sementara itu, salah satu kandidat nomor urut 03 Bandu Sucipto awalnya sedikit kecewa menerima hasil perolehan suara. Namun, ia tetap menghimbau kepada warga Baseh supaya tetap menjaga keamanan desa Baseh bersama.

“Saya menghimbau pada warga Baseh untuk menjaga keamanan, ketertiban desa Baseh yang tercinta ini. Mari kita jaga bersama-sama desa Baseh sehingga tercipta kodisi yang aman, tertib dan kondusif,” jelasnya saat ditemui di kediamannya.

Dengan kondisi yang sudah kembali normal, Pilkades Desa Baseh secara sah tetap dimenangkan oleh Amin Fauzan dengan perolehan 919 suara.

Reporter : Okti Zaenal Abidin
Editor : Umi Uswatun Hasanah

No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.