Komisaris Polisi Sudarsono : Pemuda Harus Miliki Jiwa Nasionalisme

Komisaris Polisi Sudarsono sampaikan orasi kebangsaan dihadapan ribuan mahasiswa IAIN Purwokerto (14/8).

Purwokerto, Lpm Saka - Peran pemuda sangat penting untuk membangun bangsa. Sehingga, jiwa nasionalisme yang tinggi perlu dimiliki pemuda. Pasalnya, bentuk cinta tanah air timbul dari kesadaran dan rasa solidaritas sebagai saudara sebangsa. Hal tersebut disampaikan oleh Komisaris Polisi (KOMPOL) Sudarsono S.H dalam sambuta Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK) IAIN Purwokerto  di Lapangan Purwanegara, Rabu (14/8) Pagi.

Orasi kebangsaan ini dianggap sebagai salah satu wawasan kebangsaan yang perlu diketahui oleh mahasiswa. Sebab, menurut Sudarsono,    wawasan tersebut berfungsi sebagai bahan bakar untuk menghadapi perubahan yang begitu dinamis.

“Kalau dulu ada time is money, sekarang tidak lagi time is money tapi time is run. Waktu adalah lari. Kalian bisa melihat bagaimana perubahan ilmu dan teknologi,” terangnya.

Pada pertengahan orasinya, Sudarsono memanggil empat orang mahasiswa untuk membacakan deklarasi anti radikalisme dihadapan ribuan mahasiswa. Menurutnya, ketahanan nasional harus selalu stabil dalam rangka memerangi degradasi moral, korupsi dan kesenjangan. Tindakan ini harus kita terapkan bersama-sama oleh seluruh rakyat Indonesia.

Sudarsono berharap, pemuda sebagai pemegang peradaban dimasa mendatang tidak hanya memiliki rasa nasionalisme, tetapi harus membuktikan rasa nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari. “Selain itu, dapat membuka wawasan , semangat kebangsaan dan memupuk semangat nasionalisme serta patriotisme,” ujarnya.

Di akhir orasinya, Sudarsono berpesan kepada para mahasiswa bahwa wawasan kebangsaan dan bernegara minimal didasari dengan membiasakan belajar disiplin, kerjasama dan solidaritas, ditambah rasa tanggung jawab, menghormati adanya perbedaan dan membentuk pribadi yang unggul.


Reporter : Gema Sahara & Rizki Wahyuningsih
Penulis : Nur Rohmah
Editor : Wahid Fahrur Annas

No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.