Bahaya Virus Corona, Rektor IAIN Purwokerto Terbitkan Surat Edaran


Foto : Ilustrasi (BBC)

LPM Saka, Purwokerto – Rektor Institut Agama Islam Negeri Purwokerto mengeluarkan surat resmi terkait antisipasi penyebaran Virus Corona di lingkungan kampus. Surat dengan nomor 845 tahun 2020 ditanda tangani oleh Rektor IAIN Purwokerto Moh.Roqib dan stempel basah pada, Selasa (3/3/2020).

Diketahui, Presiden Joko Widodo telah mengonfirmasi bahwa ada dua warga negara Indonesia positif terinfeksi corona.  Semakin merebaknya wabah Covid-19 yang mulai terjadi pada akhir tahun 2019 di Wuhan, China dan telah merambah ke beberapa negara di Eropa, Amerika dan Asia.

Maka dari itu, untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan. Himbauan bagi seluruh dosen, karyawan kampus, dan mahasiswa untuk mengantisipasi penyebaran virus dan menjaga kesehatan dengan melakukan berbagai cara. Diantaranya, menangguhkan perjalanan ke luar negeri, mencuci tangan dengan sabun, gunakan masker jika sakit, menjaga daya tahan tubuh, menjaga kebersihan di semua ruang-ruang publik, membuang sampah pada tempatnya, meningkatkan kebersihan di semua toilet, menyediakan sabun dan gel antiseptik di semua toilet dan memperhatikan etika batuk dan bersin.


“Masyarakat dihimbau untuk menjaga kebersihan diri dan tidak panik. Masker hanya digunakan bagi yang sakit, kalau sehat ya buat apa,” ujar Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto dilansir dari CNN Indonesia.

Sementara itu, Bupati Banyumas Ahmad Husein umumkan ada seorang warganya yang diduga terinfeksi virus corona. Seorang tenaga kerja wanita asal Banyumas berusia 44 tahun diisolasi di RSUD Banyumas, TKW tersebut merasa mual,flu dan demam setelah pulang dari Hongkong.

“Petugas kesehatan sudah mengambil sampel liur, kita tunggu hasilnya 14 hari lagi. Belum ada gangguan pernafasan, tapi baru pulang dari Hongkong enam hari yang lalu, sehingga masuk pengawasan di RSUD Banyumas,” jelasnya dilansir dari SuaraJateng.



Penulis : Wahid Fahrur Annas
Editor   : Umi Uswatun Hasanah

No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.