Mahasiswa KPI Raih Juara Tiga Pemilihan Duta Genre Purbalingga

Soderi, Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (sebelah kiri). Foto : Instagram @luzar99


LPM Saka, Purbalingga – Salah satu mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto terpilih  sebagai Duta Genre (Generasi Berencana) Kabupaten Purbalingga tahun 2020. Soderi, mahasiswa jurusan Komunikasi Penyiaran Islam semester enam ini memperoleh juara ke-3 pada acara yang berlangsung Minggu, (1/3/2020) di Universitas Perwira Purbalingga. 


Pemilihan Duta Generasi Berencana Kabupaten Purbalingga merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Pemberdayaan Anak (KP3A) Purbalingga. Tujuan dari kegiatan ini untuk membawa Duta Genre Kabupaten Purbalingga ke tingkat provinsi serta dapat memberi edukasi terkait untuk tidak melakukan pernikahan dini, seks bebas, dan menjauhi narkoba. 

“Alhamdulillah, jadi lebih tahu bahwasanya pernikahan dini di Purbalingga itu sudah mencapai tingkat ke-4 di Provinsi Jawa Tengah. Sebagai duta kita mensosialisasikan, lebih semangat aja sih, menambah wawasan juga,” tutur Soderi.

Diketahui, ada lima tahap yang harus dilalui Soderi untuk sampai pada juara yang diraihnya. Pertama, seleksi administrasi melalui online, yang dilakukan sejak awal bulan Februari. Kemudian tanggal 29 Februari dilaksanakan tes tertulis, tes bakat dan minat, dan tes wawancara.

Pada babak Grand final, sejumlah 21 peserta lolos seleksi administrasi. 12 pesertanya merupakan perempuan dan sisanya laki-laki. Sebagian besar peserta merupakan mahasiswa asal Purbalingga, ada juga peserta yang masih duduk di bangku SMA.

“Harapan dari terselenggaranya kegiatan ini yaitu sebagai wadah untuk membentuk karakter generasi muda yang berkualitas. Sehingga para remaja dapat menjalankan pendidikannya secara terlaksana,” pungkasnya.

Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Purbalingga diharapkan dapat membantu program-program pemerintah,  khususnya di bidang Keluarga Berencana (KB). Forum Genre juga diharapkan dapat menjadi penggerak remaja terkait program Genre ditengah-tengah masyarakat.


Reporter : Fadilah Widayanti
Editor     : Wahid Fahrur Annas

No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.