Wakil Menteri Agama Resmikan Rumah Moderasi Beragama

Wakil Menteri Agama Pada Acara Launching Rumah Moderasi Beragama (6/3/2020).


LPM Saka, Purwokerto – Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi meresmikan Rumah Moderasi Beragama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto. Acara Launching dan Focus Group Discussion tersebut berlangsung di Hall Perpustakaan IAIN Purwokerto, Jum’at (06/03/2020).

Rektor IAIN Purwokerto, Mohammad Roqib menuturkan, Rumah Moderasi Beragama ini bertujuan sebagai penguatan dari komunikasi dan kajian keagamaan yang inklusif di IAIN Purwokerto. Rumah Moderasi Beragama sebenarnya merupakan program Kementerian Agama RI yang tertuang pada Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor. B-3663.1/Dj.I/BA.02/10/2019.

“Kita sudah melakukan komunikasi banyak hal, di antaranya kalau melalui program studi, di sini ada Studi Agama Agama (SAA). Rumah Moderasi Beragama ini merupakan salah satu visi yang sudah dilakukan dalam konteks di kampus kita”, ucapnya.

Beliau juga meminta do’a restu atas kelancaran IAIN Purwokerto berganti nama menjadi UIN Saifuddin Zuhri. Ia menambahkan, beberapa hal kepada Wakil Menteri Agama, diantaranya yaitu adanya pesantrenisasi dengan kemitraan 30 pesantren di sekitar kampus IAIN Purwokerto. Serta pengembangan budaya panginyongan dengan diadakannya Pojok Panginyongan di perpustakaan, juga kerjasama pengembangan kajian terhadap tradisi Melayu Raya dan Rumah Moderasi Beragama.

Sementara, Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi menyampaikan beberapa materi tentang pentingnya Moderasi Beragama. Moderat itu berada di antara titik Radikal dan titik Liberal, tidak ke barat dan tidak ke timur. Tawasuth itu namanya, sikap yang berada di posisi tengah, ini yang harus kita kembangkan. Beliau juga menegaskan untuk tidak menjadi merasa paling benar kalau hanya berdasarkan pada teks-teks yang sempit.

“Misalnya ayat-ayat tentang jihad, jihad dimaknai dengan perang, padahal jihad bisa dimaknai lain. Jihad misalnya membebaskan diri dari kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan. Jadi tidak dimaknai secara sempit”, tambahnya.

Setelah menyampaikan materi, dilanjutkan prosesi simbolik peresmian Rumah Moderasi Beragama oleh Wakil Menteri Agama RI ditandai dengan penandatanganan Piagam Pendirian Rumah Moderasi Beragama sekaligus menerima penghargaan dari IAIN Purwokerto. Zainut Tauhid juga memberikan kenang-kenangan kepada IAIN Purwokerto berupa buku Ensiklopedia Penyelenggaraan Haji dan Umroh.


Reporter : Alvin Hidayat & Ulfatul Khoolidah
Editor     : Wahid Fahrur Annas

No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.