PBAK IAIN Purwokerto 2020, Semangat di Tengah Pandemi Covid-19

Rektor IAIN Purwokerto, Moh Roqib menyampaikan sambutannya dalam pembukaan PBAK IAIN Purwokerto 2020 (Dok : PBAK IAIN Purwokerto 2020)


LPM Saka, PURWOKERTO – Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru dan Pembukaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahaiswaan (PBAK) IAIN Purwokerto digelar secara online, Selasa (22/9/2020). Pelaksanaan PBAK 2020 disiarkan secara langsung melalui via Youtube dan Zoom.

Rangkaian kegiatan dilaksanakan selama 3 hari, yaitu tanggal 21-23 September 2020. Sebanyak 3.215 mahasiswa baru mengikuti PBAK via daring dari kediaman masing-masing.

Kendati demikian, kegiatan PBAK juga tetap dilaksanakan offline dengan sistem perwakilan. Kegiatan resmi dibuka dengan pemukulan gong oleh Rektor IAIN Purwokerto dan penyerahan almamater IAIN Purwokerto kepada Mahasiswa Baru sebagai simbolis

Rektor IAIN Purwokerto, Moh. Roqib menyampaikan suasana Covid-19 mengharuskan kita menyesuaikan diri dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan. Meskipun demikian, beliau berharap kepada mahasiswa baru agar tetap memiliki semangat yang luar biasa di tengah-tengah keterbatasan ini.

“Kalian yang di Era Covid-19 masuk menjadi mahasiswa baru. Siapa tau ini adalah tempaan awal untuk menguji apakah semangat kalian masih bagus atau turun,” ujarnya.

Perwakilan mahasiswa baru mengikuti pembukaan PBAK Offline dengan menerapkan standar protokol kesehatan (Dok : PBAK IAIN Purwokerto 2020)

Beliau menambahkan, ada tiga hal yang perlu dicatat. Pertama adalah semangat. Kedua, untuk mahasiswa-mahasiswa baru dapat menggali potensi dan memiliki prestasi sebagai tradisi. Dan yang ke tiga, teruntuk seluruh mahasiswa diminta untuk tetap sabar di tengah musibah Covid-19.

“Kita harus punya cara bagaimana mensiasati agar musibah yang ada ini memberi dorongan lebih kuat lagi kepada kita untuik mencari jalan, mencari ilmu, dan juga mencari kebaikan,” jelasnya.

Lanjutnya, beliau mengajak kepada seluruh mahasiswa baru melakukan doa bersama untuk kelancaran proses keberlangsungan IAIN Purwokerto yang akan beralih status menjadi UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri. Dan juga doa untuk Pimpinan Menteri Agama Republik Indonesia, Fachrul Razi yang pada saat ini sedang melawan penyakit covid-19.

Sementara itu, Ketua Panitia PBAK, Roby Pangestu Hari Mulyo, mengatakan  PBAK 2020 mengangkat tema Mewujudkan Peradaban Moderasi Islam dalam Keanekaragaman Mahasiswa” dengan jargon semangat moderasi, dedikasi untuk negeri, salam moderasi.

“Tema yang kami bawa memiliki banyak harapan. Pertama, kami berharap mahasiswa baru dapat mengetahui dan mengimplementasikan nilai-nilai moderasi islam yang ada. Kedua, kami berharap setelah diadakannya kegiatan ini mahasiswa baru dapat semangat dalam menjalankan tugas sebagai mahasiswa,” pungkasnya.


Reporter : Ulfatul Khoolidah

Editor : Wahid Fahrur Annas

 

 

No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.