Dicuekin Pasangan ? Kenali Lima Bahasa Cinta untuk Merekatkan Hubungan Kamu dengan Dia

 

Foto : Ilustrasi

LPM Saka - Kehidupan muda-mudi memang tak pernah ada habisnya untuk diulik. Mulai dari masalah keluh kesah sekolah, perkuliahan hingga ke masalah percintaan. Ngomongin masalah percintaan, kita tahu keluh kesah kaum adam ketika menghadapi kaum hawa. “Kaum hawa itu emang misterius banget” ungkap salah satu kawan ane yang baru saja diputusi pacarnya.

Mungkin dari kalian para kaum Adam, pernah berpikir saat bersama pacar kalian ataupun sesudah quality time bareng pacar terlintas pertanyaan “Kenapa pacarku masih belum paham apa yang aku mau?”, kenapa dia kalo di chat cuek banget giliran ketemu  berubah 180 derajat jadi orang yang romantic, enak buat cerita gitu ya ?”, atau juga “Kok hubunganku bareng dia gini-gini aja ya?”. Eiits… Tenang kawan, yang berpikiran seperti bukan Cuma kalian, Ane juga kadang gitu… hehehe

Bisa jadi kita seperti itu karena diantara kita belum tahu apa bahasa cinta masing-masing dari pasangan kita. Menurut Dr. Gary Chapman, seorang ahli bidang Relationship dengan konsepnya Five Love Languages ( Lima Bahasa Cinta). Menurutnya, bahasa cinta adalah cara seseorang untuk mengungkapkan perasaan cintanya kepada orang lain. Jika bahasa cinta ini tak mampu dipenuhi, maka seseorang akan merasa tidak dicintai meskipun pasangannya merasa sudah melakukan apapun.

Artinya, kita perlu memahami bahasa cinta dari pasangan kita satu sama lain agar tangga menuju pelaminan semakin terbuka lebar dan calon mertuapun merestui kalau anaknya bahagia bersama kita. Juga yang sudah menikahpun bisa semakin mesra dalam mengarungi bahtera rumah tangga biar yang para jomblo makin meringis. Hihihi…

Perlu diketahui, sebelum menggunakan jurus ini ke pasangan, kita harus memahami diri sendiri, karena setiap kita mengenali kelima bahasa cinta ini.  Tetapi masalahnya adalah yang manakah yang paling dominan di hidup kalian.

 

1.    Words Of Affirmation

 

Bahasa keseharian kita adalah pujian atau ungkapan yang dapat membangun kepercayaan diri. Kita akan merasa bahagia ketika pasangan memuji kita dengan kata-kata romantis. Contohnya, “Sayang, kamu cantik banget hari ini”, “Honey ke alun-alun yuh, aku otw sekarang” atau “Sayang makasih banyak hari ini, I love you :*”.

 

2.      Quality Time

 

Artinya kualitas waktu bersama. Nah, ini bisa kalian isi dengan menghabiskan waktu bersama pasangan, kita bisa atur waktu weekend dengan berlibur bareng ke pantai, ke gunung menikmati udara segar atau makan berdua sekalipun di warung rames. Intinya kalian menghabiskan waktu bersama agar kadar perasaan kita ke pasangan tetap terjaga biar gak ditikung orang lain. Hehe

 

3.      Receiving Gift

 

Terkadang pasangan kita selalu cuek di chat, kalo ketemu sikapnya dingin banget melebihi dinginnya antartika ataupun kadang susah banget buat bikin jadwal liburan bareng karena kesibukannya. Tapi dia sering kasih kejutan hadiah yang tak terduga.

 

Nah, jika seperti itu pasangan kalian termasuk ke dalam tipe yang ini, dia mengungkapkan perasaannya melalui hadiah-hadiah, apapun hadiahnya mau besar atau kecil, mau mahal atau murah. Dia merasa lebih menyukai mengungkapkannya lewat memberi sesuatu kepada pasangan. Dan kalian gak usah khawatir dia gak akan berpaling, percayalah dia akan setia kepadamu. Hehehe

 

4.      Acts Of Service

 

Kalo tipe ini, biasanya mereka yang selalu siap diandalkan. Tipe ini, merasa bahagia ketika dapat memberi bantuan kepada pasangannya melalui usaha yang dia berikan. Misalnya, ketika kalian pergi bersama, dia bilang “sini aku bantuin”, “tasmu biar aku aja yang bawa, kamu bawa ini aja yang entengan” atau “Nih pake jaket aku, biar kamu gak kedinginan” Uuu Co cweetkan, haha. Percayalah kawan, dia peduli kepadamu melalui tindakannya.

 

5.      Phsyical Touch

Sentuhan fisik. Artinya adalah ketika seseorang mengungkapkan perasaannya melalui sentuhan fisik. Eiits.. sentuhan fisik  tidak selalu dengan seks ya, kalau kalian mikir kesana, silahkan ambil sapu, lalu bersihkan otak kalian soalnya udah ngeres banget tuh, hehe..

 

Biasanya tipe orang ini ketika kalian duduk di taman, dan kalian bercerita sesuatu yang menyedihkan sampai menetes air matamu. Mereka secara otomatis akan memberikan sentuhan penguatan kepadamu dengan memegang tanganmu secara lembut, atau menepuk pundakmu ataupun menyenderkan kepalamu ke bahu mereka.

 

Ingat, bahasa cinta ini hanya dilakukan kepada satu orang. Bukan cara untuk selingkuh, dan semoga ini bermanfaat buat kalian yang sedang diujung tanduk perpisahan agar bisa dekat kembali, yang sedang jenuh kembali berwarna dan yang sedang mencari semoga cepat dipertemukan.

 

Penulis : Hermawan Gunawan, Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam 2017

Editor : Wahid Fahrur Annas

1 comment:

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.