IAIN Purwokerto Raih Juara 1 Lomba Media Pembelajaran Matematika Tingkat Nasional

 

Ilustrasi: Tim Tadris Matematika


LPM SAKA, Purwokerto – IAIN Purwokerto raih juara 1 dalam lomba media pembelajaran matematika tingkat nasional antar perguruan tinggi se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Alma Ata Yogyakarta (HIMATIKA UAA) pada Kamis (7/01/2021).

Tim IAIN Purwokerto beranggotakan tiga mahasiswa Tadris Matematika yakni Rona Dhiya Layli Iffah (semester 5), Unggul Pradana (semester 5), dan Dewi Ariyanti (semester 3). Dengan judul karya RISTI (Barisan Deret Geometri) mereka berhasil mengalahkan 23 tim dari berbagai universitas di Indonesia seperti UGM, UNNES, UAD, UNSOED, Universitas Muhammadiyah Surakarta, IAIN Pekalongan, dan lain sebagainya.

"Seneng banget, kaget juga, syok karena pesertanya kan juga dari berbagai universitas ternama ya, jadi kita awalnya agak pesimis. Ternyata alhamdulillah hasilnya memuaskan. Usaha kita akhirnya terbayarkan," ujar Rona saat dihubungi LPM Saka pada Jumat (08/01/2021)

Ilustrasi: Kanal Youtube HIMATIKA UAA

Diketahui, terdapat berbagai tahap yang harus dilalui tim IAIN Purwokerto untuk sampai pada juara yang di raihnya. Pertama, mengisi formulir pendaftaran melalui online yang dilakukan sejak tanggal 16 November - 12 Desember 2020. Kemudian pada tanggal 14 Desember 2020 - 2 Januari 2021 mengirimkan  video presentasi. Dilanjutkan mengunggah video presentasi tim di youtube akun resmi HIMATIKA UAA pada tangggal 3 Januari 2021. Terakhir, penilaian dilakukan pada tanggal 4 - 6 Januari 2021.

Juri yang menilai lomba media pembelajaran matematika ini berasal dari dosen pendidikan matematika Universitas Alma Ata, dosen sistem informatika Universitas Alma Ata, dan dosen pendidikan matematika Universitas Ahmad Dahlan. Dengan 4 aspek penilaian diantaranya : 1. orisinalitas, 2. Kreatifias, 3. kemudahan integrasi dalam pembelajaran matematika, dan 4. kualitas audio visual. Sementara itu, tim penilai menetapkan pemenang berdasarkan akumulasi penilaian ditembah dengan pengalaman lainnya (user experience).

Hasil penilaian kemudian diumumkan pada tanggal 7 Januari di instagram HIMATIKA UAA sehingga juara 1 diraih tim IAIN Purwokerto, juara 2 oleh IAIN Pekalongan, dan juara 3 oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta.

“Semoga dengan ini bisa menginspirasi mahasiswa lainnya agar bisa terus berkarya tuangkan ide-ide kreatifitas, orisinalitas dan lainnya sebisa mungkin. Sehingga bisa terus memajukan nama IAIN Purwokerto di dunia pendidikan Indonesia bahkan luar negeri,” ungkap salah satu anggota tim, Unggul Pradana.

Reporter         : Zahrotul Mawaddah (Magang)

Editor             : Ulfatul Khoolidah


No comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Powered by Blogger.