5 Takjil Untuk Berbuka Puasa, Dari Makanan Arab sampai Minuman Segar

 



Ilustrasi: pixabay.com


PURWOKERTO, LPM Saka – 5 Takjil untuk berbuka puasa yang wajib kalian hidangkan ketika adzan maghrib berkumandang. Berbuka puasa di bulan Ramadhan rasanya kurang lengkap jika tidak menyajikan takjil sebagai menu berbuka puasa. Biasanya pedagang takjil mulai berjejeran di pinggir jalan saat menjelang berbuka puasa.


Takjil merupakan istilah untuk makanan yang biasa disantap pada waktu berbuka puasa, menu takjil biasanya identik dengan makanan maupun minuman yang memiliki cita rasa gurih, manis, dan menyegarkan.


Berikut 5 Takjil untuk berbuka puasa yang paling recommended buat kalian:


1.     Kurma


Makanan khas Arab Saudi tidak akan terlewati untuk disajikan dalam takjil buka puasa. Kurma akan menjadi makanan pembuka saat membatalkan puasa. Makanan ini merupakan makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW. Dan dijadikan sebagai makanan sunnah.


Kurma memiliki berbagai macam jenis, Salah satunya Kurma Ajwa’ yang merupakan kurma paling nikmat dan paling sering dicari oleh banyak orang. Tiga buah kurma dipercaya mampu mengembalikan stamina manusia yang hilang ketika berpuasa.


2.     Kolak


Kolak merupakan makanan untuk berbuka puasa yang cukup populer dikalangan masyarakat, rasanya yang manis dan menyegarkan ditambah dengan perpaduan rasa manis dari gula jawa membuat makanan yang satu ini disukai banyak kalangan.


Dalam proses penyajian kolak merupakan makanan yang mudah dibuat, tediri dari pisang, ubi, labu dan kolang kaling. Dalam penyajian kolak bisa disajikan saat masih hangat atau bisa disajikan dingin dengan menambahkan es batu.


3.     Rissoles Mayones


Risoles atau risol merupakan makanan khas Indonesia yang sering menjadi pilihan menu berbuka puasa. Risoles sendiri merupakan sejenis pastel ( kue kering ) yang biasa berisi daging cincang atau sayur sayuran yang dibungkus dengan kulit lumpia balut dengan tepung roti.


Risoles akan lebih nikmat ketika isiannya ditambah dengan mayones, perpaduan rasa yang tercipta dari mayones dan sayuran akan sangat sedap disantap ketika berbuka puasa. Dalam penyajiannya risoles biasanya disandingkan dengan sambal kacang atau dengan cabe rawit saja, rasanya yang gurih menjadikan pilihan makanan yang nikmat untuk disantap saat berbuka puasa.


4.     Sup Buah Dingin




Es buah atau  sup buah merupakan salah satu menu minuman pelepas dahaga yang sering disantap saat berbuka puasa, kesegaran es sup buah sangatlah menyegarkan dan menggugah selera. Perpaduan buah buahan ditambah dengan susu dan sirup yang manis dapat menggembalikan mood juga energi setelah seharian berpuasa.


Takjilan paling seger ini cocok untuk mengguyur tenggorokan yang seharian kering karena puasa. Sop buah biasanya berisi buah papaya, apel, melon, belewah, buah naga, anggur, kelengkeng dan buah lainnya.


5.     Bakwan


Takjil untuk berbuka puasa yang terakhir adalah bakwan. Bakwan sendiri merupakan gorengan yang terbuat dari campuran tepung terigu dan sayuran, bakwan merupakan makanan khas yang lazim disantap oleh masyarakaat. 


Rasa gurih yang khas ditambah cara penyajiannya yang tidak terlalu rumit menjadikan bakwan digemari oleh berbagai kalangan, tidak salah makanan yang satu ini digemari oleh berbagai kalangan untuk dijadikan santapan saat berbuka puasa.


Itulah 5 Takjil untuk berbuka puasa yang paling recommended. Setiap hari kalian harus berbuka dengan menu makanan di atas, agar stamina dan energi kalian bertambah setelah puasa.


Penulis: Affan Prasetio Rudianto (Dept. Literasi, Relasi dan Komunikasi)

Editor: Mukhammad Khairu Tamam

Post a Comment

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Previous Post Next Post