Tips Keuangan ala Anak Rantau : Aman Sampai Akhir Bulan!

 

ilustasi : Aolia Inas Sabira


Purwokerto, LPM SakaHalo sobat mahasiswa! Jauh dari orang tua mengajarkan kita arti sebuah mandiri, mengatur kebutuhan pribadi dan tentu saja mengurus keuangan sendiri. Menjadi anak rantau juga harus bisa bertahan di segala situasi termasuk saat uang bulanan dari orang tua semakin menipis.


Agar tidak menangis hingga transferan orang tua kembali datang, beragam cara hemat dilakukan supaya anggaran dapat bertahan hingga akhir bulan. Dari melakukan pengeluaran hingga melakukan investasi, berikut adalah tips hemat ala anak rantau yang aman sampai akhir bulan :

 

Tips Jaga Keuangan Ala Anak Rantau

1. Optimalkan Pengeluaran

Menggunakan uang dengan cermat merupakan tips pertama dalam menghemat uang. Seorang mahasiswa harus bisa memilih dalam memprioritaskan kebutuhan pokoknya. Hindari membeli barang diluat list kebutuhan agar tidak membuang-buang uang, apalagi sampai tergiur promo dan gratis ongkir dari barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Agar lebih maksimal dalam mengoptimalkan pengeluaran, kamu bisa membuat catatan alokasi pengeluaran penting setiap bulan.


2. Jaga Kesehatan dan Pola Makan

Menjaga pola makan adalah salah satu kunci dalam menjaga kesahatan. Meskipun sedang berhemat, bukan berarti tidak makan dan melewatkan asupan perut. Kamu bisa membeli makanan dengan harga yang terjangkau dan murah, atau kamu juga bisa memasaknya sendiri. Sebab lebih baik mencegah daripada mengobati. Jika kamu terjangkit suatu penyakit, maka akan ada banuak biaya yang mesti dikeluarkan juga. Bahkan bisa jadi lebih besar dari yang seharusnya.


3. Puasa

Tips hemat ala anak rantau yang ketiga adalah puasa. Selain sebagai ajang memperoleh pahala, puasa senin-kamis yang kamu lakukan juga bisa menjadi cara dalam mekinimalisir pengeluaran. Berbukalah dengan makanan yang cukup ya, jangan sampai gelap mata membeli sepuasnya.


4. Part Time

Jika kamu membutuhkan uang tambahan, kamu bisa bekerja parti time atau paruh waktu untuk mengantisipasi kantong kering. Uang yang kamu peroleh ini menjadi sumber pemasukan kedua selain dari orang tua. Aturlah waktu dengan baik agar kamu tidak kerepotan membagi antara kuliah dan kerja.


5. Investasi

Jika uang yang kamu tabung hasil hemat dan part time terkumpul, kamu bisa melakukan investasi. Sisihkan untuk dana darurat agar tabungan utama kamu tidak bocor. Dengan investasi, artinya kamu menyisihkan sebagian uang yang dimiliki untuk keuangan masa depan. Cari dan temukan referensi yang kredibel untuk memulai berinvestasi agar tidak tertipu investasi bodong.  


Itu dia 5 tips jaga keuangan ala anak rantau agar tidak menangis di akhir bulan. Jika kamu bisa mempraktekannya dengan sungguh-sungguh, kamu tidak akan kebingungan dalam mengatur anggaran kebutuhan. Semoga bermanfaat ya!




Penulis : Ani Safitri 

Editor : Zahrotul Mawaddah  

Post a Comment

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Previous Post Next Post