Pemindahan Fakultas Dakwah UIN Saizu Tuai Pro-kontra, Duta Fakda: Perlu Dipertimbangkan dan Disiapkan

Sumber: Google


Purwokerto, LPM Saka- Mahasiswa digegerkan dengan kabar pemindahan Fakultas Dakwah. Kabar ini tersebar melalui berita yang diunggah Humas UIN Saizu dengan tajuk "Ribuan Mahasiswa Faktultas Dakwah Siap Jalani Perkuliahan di Kampus 2 UIN Saizu di Purbalingga."

 

Merespon pernyataan "siap" yang dilontarkan tanpa menyematkan respon mahasiswa, LPM Saka melakukan survei terhadap mahasiswa Fakultas Dakwah untuk mengetahui kondisi lapangan. Diperoleh data 74% atau 583 mahasiswa merasa keberatan dan menolak wacana tersebut. Mayoritas mengeluhkan jarak tempuh dan biaya pengeluaran sebagai alasan utama. Sedangkan, terdapat 205 atau 26% yang sepakat dengan statement Wakil Rektor 2.


Lebih lanjut, melalui dokumen pernyataan sikap, Dosen dan Tenaga Kependidikan Fakultas Dakwah menekankan untuk Fakultas Dakwah tetap berada di Kampus I, dengan berdasar pada survei yang telah dilakukan sebelumnya. 


Duta Fakultas Dakwah Putri, Ngindana Aghist Zulfa mengungkap kelebihan dan kekurangan terhadap wacana tersebut. Mahasiswa terbebani dengan biaya yang akan dikeluarkan dan perlu beradaptasi ulang. 


“Mengenai wacana tersebut, sepertinya banyak hal yang nantinya perlu dipertimbangkan kembali.” jelasnya.


Namun disisi lain, menurutnya, Fasilitas baru yang lebih memadai dapat mengembangkan fakultas dakwah menjadi lebih baik serta nantinya Fakultas Dakwah akan memiliki kisah baru di kampus II Purbalingga. 


Sedangkan Fawwaz selaku Duta Fakultas Dakwah Putra menyarankan wacana pemindahan diperuntukkan bagi mahasiswa prodi baru dank mahasiswa angkatan 2023 serta dibarengi dengan persiapan yang matang. Terlebih jika mengharuskan semua semester dan program studi. 


 “Kalau dari saya sendiri, mau tidak mau memang harus dipindahkan karena sayang sudah dibuat masa tidak ditempati. Harapannya dengan ini semoga menjadi pemantik agar Fakultas Dakwah menjadi lebih baik lagi sesuai dengan visinya.” Ujar Fawwaz.





ReporterRedita Suci, Amanta Fatia, Nadia Nayla, Niken Indah
Penulis: Syakira Alya
Editor: Jasmine Azzahra

3 Comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

  1. Mantap, moga segera pindah ya

    ReplyDelete
  2. Semoga tidak pindah. Ngapain pindah, kita punya gedung, masa diusir dari wilayah teritorialnya sendiri. Mohon dipikir matang2. Ini melibatkan banyak mahasiswa. Kalo misal dipindah, mending untuk Angkatan 24 dan seterusnya

    ReplyDelete

Post a Comment

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Previous Post Next Post