5 Tips Mudik Menggunakan Motor Agar Aman dan Nyaman


Ilustrasi : Bing Image Creator

Hari kemenangan atau hari raya idul fitri 1945 Hijriah tentu menjadi momentum yang dinanti oleh umat muslim, terlebih bagi mereka yang tengah merantau atau jauh dari kampung halaman. Saat mendekati hari tersebut, mereka akan berbondong-bondong untuk pulang ke kampung halaman atau lebih dikenal dengan istilah mudik.


Ada banyak jenis kendaraan yang dapat digunakan, mulai dari motor hingga pesawat. Bagi para perantau, pulang ke kampung adalah hal yang sangat didambakan bahkan mereka rela merogoh kocek berjuta-berjuta. Untuk perantau yang ingin berhemat, mereka lebih memilih untuk berkendara sendiri dengan motor bahkan memborong istri dan anaknya.


Mudik menggunakan motor memiliki resiko yang tinggi, namun beberapa hal di bawah ini dapat disiapkan untuk mengurangi resiko, yaitu:


1. Cek kondisi motor

Sebelum melakukan perjalanan pastikan kondisi motor dalam keadaan yang aman untuk melakukan perjalanan jauh, begitu pun dengan surat-surat motor yang perlu disiapkan pula.


2. Cek kondisi pengendara

Pastikan kondisi fisik dalam kondisi yang baik dan sehat, pastikan tidak memiliki riwayat penyakit jantung dan asma.


3. Tidak membawa barang berlebih

Barang yang akan dibawa saat mudik biasanya akan begitu banyak, tapi ingatlah bahwa saat menggunakan motor tidak terdapat bagasi besar yang dapat menampung barang. Maka disarankan bawa barang-barang yang sekiranya penting dalam satu ransel dan jika akan membawa barang lebih dari satu ransel diperkenankan untuk diikat dengan kuat agar tidak mengganggu saat berkendara.


4. Tentukan rute perjalanan dan cek cuaca

Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya tentukan rute perjalanan yang akan dilalui. Pastikan memilih rute yang aman untuk berkendara dengan motor serta cek cuaca pada hari yang telah ditentukan untuk keberangkatan, pastikan di hari tersebut cuaca sedang cerah dan tidak hujan.


5. Pemakaian baju yang tepat

Pastikan pengendara memakai baju yang nyaman ditambah dengan perlengkapan pelindung seperti helm, sarung tangan dan sepatu yang memenuhi standar keselamatan.



Penulis : Nafisah Az Zahra

Post a Comment

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Previous Post Next Post