Seminar Public Speaking: Strategi Membangun Personal Branding di Media Sosial

Seminar Public Speaking yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah (HMPS ES) pada Jumat, 31/5/2024. (Dok. LPM Saka)


Purwokerto, LPM SAKA - Dalam rangka meningkatkan kemampuan public speaking, Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah (HMPS ES) menggelar  Seminar Public Speaking pada Jumat, (31/5/2024). Acara ini diselenggarakan di Auditorium Utama UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto dan mendapat antusiasme dari Mahasiswa umum. 


Terdapat dua cara untuk membangun ketrampilan berbicara yakni melalui bertanya atau memberikan pernyataan. Bila salah satu cara dilakukan, maka akan terjalin proses komunikasi. Selanjutnya 3 hal sebagai dasar dalam praktik public speaking yang perlu diperhatikan antara lain artikulasi, intonasi, dan ekspresi. 


Dosen Public Speaking, Siti Nurmahyati selaku pembicara pertama dalam Seminar Public Speaking mengatakan bahwa setiap orang dapat berbicara tapi sedikit yang memiliki kesempatan untuk berbicara. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa setiap individu seharusnya dapat menjadikan keterbatasan diri sebagai sebuah ciri khas dan bermodal optimisme. 


“Bakat tidak hanya ditentukan ketika kita lahir, namun kita harus latihan dan hidup di lingkungan yang mendukung”, jelasnya.


Public Speaking Enthusiast, Anisa Fathatil sepakat dengan yang disampaikan oleh pembicara pertama bahwa untuk membangun personal branding, individu perlu menunjukkan apa yang disukai dan ditekuni dengan salah satu cara yakni public speaking. Selain itu, perlunya portofolio dengan memanfaatkan media sosial. 


Personal Branding terbentuk dalam waktu yang lama, dilakukan berkali-kali. Untuk memulainya kita harus membangun relasi, selalu meningkatkan skill, menciptakan goals dan melakukan evaluasi diri dari  kegagalan yang pernah dialami”, ujar Fatha dalam Seminar Public Speaking. 


Acara tersebut bertajuk “Peran Public Speaking dalam Membangun Personal Branding di Medsos”, dilatarbelakangi bahwa kemampuan berbicara menjadi kunci utama dalam membangun persepsi serta citra yang positif.


Teuku Muhammad Daffa selaku Ketua Panitia Seminar, menjelaskan bahwa seminar ini merupakan program kerja perdana yang diinisiasi oleh Departemen Informasi dan Komunikasi HMPS ES. Ia mengatakan bahwa acara ini menjadi pembeda dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya mengadakan acara pada topik ekonomi. 


“Saya harap dengan adanya seminar public speaking ini, mahasiswa yang mengikuti dapat mengupgrade kemampuan public speakingnya”, harap Teuku.



Reporter: Salsabil Alifia, Maharani Amalia

Penulis: Redita Suci

Editor: Jasmine Azzahra


Post a Comment

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Previous Post Next Post