Pameran Fotografi Fixlens: Potret Apresiasi Budaya

Pameran Karya Photography 2022 oleh Komunitas Fixlens


LPM Saka, Purwokerto - Sebanyak lebih dari 100 karya fotografi dipamerkan di Gedung Studi Centre (GSC), Universitas Islam Negeri (UIN) Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto pada acara seminar dan pameran photography yang digelar Komunitas Fixlens, Fakultas Dakwah, pada Sabtu, (15/10/2022).


“Wonderful Of Barlingmas" diusung sebagai tema pameran foto yang menampilkan berbagai kearifan lokal dari budaya, kuliner, serta arsitektur gaya bangunan yang terdapat di 3 Kabupaten yakni Banjarnegara, Purbalingga, dan Banyumas.


Ketua komunitas fixlens, M Rifqi Amri mengungkapkan foto yang dipotret di tiga kabupaten ini diambil dengan pembagian kelompok yang kemudian hasil fotonya dipajang di pameran yang bertajuk keindahan wilayah lokal.


“Pengambilan foto ini kami bagi kelompok-kelompok agar bisa mendapatkan hasil foto yang maksimal di tiga kabupaten dengan unsur yang kami inginkan”, ungkap M Rifqi Amri.


Sebelum jajaran karya potret itu dipamerkan, diselenggarakan Seminar Photography yang dibawakan oleh narasumber yang kompeten di bidang fotografi, Dimas Prabowo dan Dian Aprilianingrum


“Kami juga adaan seminar tentang fotografi dengan pemateri dari ketua Fotografer Banyumas dan dari Komunitas Logawa”, imbuh Rifqi Amri.


Foto Jajaran Pengurus Komunitas Fixlens


Dalam mensukseskan kegiatan ini, tentunya memerlukan waktu persiapan untuk dapat menggelar acara ini. Panitia kegiatan seminar dan pameran fotografi, Deeva Firdaus mengaku memerlukan waktu persiapan kurang lebih tiga bulan.


“Persiapannya kurang lebih selama tiga bulan karena kita juga mengumpulkan hasil foto ini”, tutur Deeva.


Ia juga menunjukan untuk menikmati hasil jepretan foto yang nantinya akan dijadikan album tahunan ini bisa menggunakan bantuan flashlight handphone karena ruang pameran disetting dengan night mode.


“Untuk melihat foto di pameran ini dengan menggunakan flashlight handphone agar menambah nilai estetika sehingga nantinya foto-fotonya bisa lebih detail dalam dipahami pesannya”, jelas Deeva.


Reporter: Amri Ulkhusna, Azril, Indri Nur Azizah, Nafrotul Izza, dan Madina Salsabila (Jurnalis Muda LPM Saka)

Editor: Mukhamad Khoiru Tamam

1 Comments

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Post a Comment

Apa pendapat kamu mengenai artikel ini?

Previous Post Next Post